Pemkab Seruyan Sosialisasikan Konsumsi Buah dan Sayur

RDI/BS - Asisten III Administrasi Umum Setda Seruyan Agus Suharto (pakai peci) didampingi kepala Dinas Kesehatan Mahdiniyansyah saat foto bersama anak sekolah

Editor : Maulana Kawit

KUALA PEMBUANG – Pemerintah Kabupaten Seruyan melalui Dinas Kesehatan menggelar kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) pada anak-anak sekolah dalam Upaya merubah pola pikir masyarakat agar memiliki pradigma sehat yakni melalui pendekatan keluarga dan Germas salah satunya mengkonsumsi buah dan sayur.

“Hasil Riskesdas tahun 2018 menunjukan bahwa anak usia >5 di Kalimantan Tengah kurang mengkonsumsi buah dan sayur. Hal tersebut melebihi persentase Nasional yakni diatas angka 95,5 % di bawah anjuran,” kata Asisten III Administrasi Umum Setda Seruyan Agus Suharto saat membacakan sambutan Bupati Seruyan Yulhaidir, di Kuala Pembuang, Rabu (25/9/2019).

BACA JUGA:   Pj Sekda Ikuti Rapat Kerja Terkait Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Seruyan

Konsumsi buah dan sayur pada anak masih rendah disebabkan karena kelompok makanan tersebut biasanya kurang disukai anak. Padahal, konsumsi buah-buahan dan sayuran merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan gizi seimbang. Buah dan sayur merupakan kelompok pangan sumber berbagai zat gizi mikro yang penting bagi proses metabolisme tubuh.

“Selain itu, sumber berbagai vitamin, mineral dan serat pangan yang berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh,” ucapnya.

BACA JUGA:   Pj Bupati Seruyan Tinjau Kegiatan Pasar Murah di Kelurahan Kuala Pembuang II

Tambahnya, berbagai kajian menunjukan bahwa konsumsi buah dan sayur yang cukup turut berperan dalam menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula dan kolestrol darah. Konsumsi buah dan sayur juga yang cukup juga menurunkan risiko sulit buang air besar dan kegemukan.

Kemudian, mencegah demensia dan diabetes militus dan beberapa penyakit kanker seperti jantung koroner serta berperan dalam mengentaskan difensiesi mikronutrien.

(rdi/beritasampit)