Gandeng Mahasiswa, Pelajar, Santri Padamkan Karhutla

Editor : Maulana Kawit

PANGKALAN BUN – Kapolres Kotawaringin Barat melakukan Pemadaman Karhutla menggandeng mahasiswa, pelajar, pramuka bahkan santri Se-Kabupaten Kobar.

Kapolres Kobar AKBP Arie Sandy Zulkarnain SIK, MSi melalui Kabagops AKP Boni Ariefianto memimpin langsung kegiatan pemadaman kebakaran.

“Kami melibatkan adik–adik dari mahasiswa dan pelajar serta santri untuk mengetahui kondisi yang ada dilapangan hingga menyebabkan kabut asap berkepanjangan,” kata Boni kepada sejumlah awak media.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar dan Insan Pers Bagikan Takjil dan Buka Puasa Bersama

Dalam kegiatan pemadaman yang melibatkan mahasiswa dan pelajar ini sekaligus untuk melatih kemampuan terhadap para pemuda di Kabupaten Kobar, khususnya dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.

Sebelum mereka diterjunkan mereka diberi dulu pemahaman dan arahan, khususnya pengenalan dan cara menggunakan peralatan pemadam api.

“Termasuk cara ketika masuk medan lokasi kebakaran yang lokasinya kebanyakan jauh dan masuk ksemak-semak belukar, juga cara menjaga keselamatan,” ujar Boni.

BACA JUGA:   Dirut Perumdam Tirta Arut Sapriansyah: Buka Puasa Bersama dan Pemberian Santunan Kepada Anak Yatim Sebagai Wujud Rasa Sukur

Selesai kegiatan pemadaman juga mereka tidak langsung pulang tapi dicek dulu kesehatannya dan kondisi fisiknya. “Karena berangkat sehat pulang juga harus sehat,” pungkas Boni

(man/beritasampit).