Bupati Sukamara Ingin Ibu-ibu Rumah Tangga Dilatih Membatik

Batik Sukamara : ENN/BS - Motif batik Sukamara yang telah di aplimasikan di atas kain.

SUKAMARA – Bupati Sukamara, Windu Subagio mengharapkan adanya pelatihan membatik bagi ibu-ibu rumah tangga.

Padalnya produksi batik di Sukamara masih di pasok oleh pengrajin batik dari Lamandau.

“Batik yang saya pakai ini adalah hasil kreasi ibu-ibu dari Lamandau, walau Motifnya dari kita hasil dari sayembara beberapa waktu lalu,” ujar Windu Subagio, Senin (14/10/2019).

“Harapan saya kedepan adakanlah pelatihan membatik bagi ibu-ibu, setelah dilatih, kita minta mereka buat atau produksi dengan bimbingan dinas terkait,” lanjut Windu.

BACA JUGA:   Lapas Sukamara Usulkan 65 Warga Binaan Mendapat Remisi Idul Fitri

Windu melanjutkan, batik hasil dari produksi ibu-ibu yang telah dilatih diharapkan dapat di pakai menjadi seragam bagi PNS, pelajar dan karyawan lainnya.

“Lalu hasil batik dari ibu-ibu itu kita pakai sama-sama, seluruh ASN pakai, seluruh anak sekolah kita itu pakai,” ucap Windu.

“Jadi kalau semua pakai berapa ribu potong batik yang terpakai, berapa pekerja yang terlibat, berapa uang yang dihasilkan oleh ibu-ibu kita,” imbuh Windu.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Sukamara Buka Musrenbang RKPD

Karena itu, Windu mengharapkan adanya gerak cepat dari dinas terkait untuk dapat mengembangkan batik khas Sukamara dimana telah ditentukam motif dan desainnya dalam sayembara yang digelar oleh Pemkab Sukamara. (beritasampit.co.id)