Alue Dohong: Suku Dayak Pertama di Kabinet Dalam Sejarah Indonesia

Alue Dohong usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (25/10/2019. Dok: Istimewa

JAKARTA— Presiden Joko Widodo menunjuk Deputi Bidang Konstruksi, Operasi, dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut (BRG) Alue Dohong sebagai Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) pada Jumat (25/10/2019).

Usai bertemu Jokowi, Alue mengklaim bahwa ia merupakan anak suku dayak pertama yang menjabat dalam kabinet pemerintahan Jokowi -Ma’ruf periode 2019-2024.

“Dalam sejarah Indonesia merdeka, ini orang dayak pertama di kabinet. Jadi saya yakin kalau takdir jadi wakil menteri, ini jadi kebahagiaan suku dayak di Kalimantan,” ujar Alue.

BACA JUGA:   Diduga Program Bodong Rice Cooker Gratis Kementerian ESDM, Komisi VII DPR: Harus Diaudit BPK RI

Alue merupakan akademisi yang memang telah lama bergelut dalam bidang pengelolaan lahan basah atau lahan gambut.

Sebelum berkiprah di BRG, Alue mendirikan Lembaga Pengkajian, Pendidikan, dan Pelatihan Lingkungan Hidup (LP3LH) di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Alue sempat terlibat dalam merestorasi lahan gambut di provinsi tersebut.

Selain bekerja di BRG, ia juga mengajar Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup di Universitas Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:   Perkuat Jaringan Pengawasan Pelayanan Publik, Ombudsman RI Hadiri Diskusi dengan Alumni UI

Saat berbincang dengan Jokowi, Alue mengaku juga berdiskusi soal ibu kota baru. Salah satunya soal konsep pembangunan Kutai Kartanegera dan Penajam Paser Utara.

“Kami juga berdiskusi rencana ibu kota negara baru di Kalimantan Timur yang berkonsep smart beautiful city,” ungkap Alue.

Nantinya, Alue bakal bekerja sama dengan Siti Nurbaya Bakar yang ditunjuk kembali menjadi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

(dis/beritasampit.co.id)