Dinilai Gagal, Periode Kedua Jokowi Diminta Tuntaskan Persoalan Di Papua

Wakil Rakyat Asal Papua Saat Konferensi Pers di Media Center DPR RI, Jumat, (25/10/2019). Dok: Istimewa

JAKARTA—Sejumlah wakil rakyat dari provinsi Papua berkomitmen membantu pemerintahan Joko Widodo -Ma’ruf Amin untuk menyelesaikan berbagai konflik di tanah Papua, Indonesia Timur.

Anggota DPD RI Filep Wamafma berharap periode kedua Joko Widodo bisa menyelesaikan permasalahan di tanah Papua dan Papua Barat.

Karena, kata Filep, langkah pemerintahan periode 2014-2019 dalam menyelesaikan persoalan di Papua dinilai gagal.

“Jadi apa yang tidak dan belum bisa diselesaikan oleh pemerintah, kami sebagai perwakilan dari Papua akan berkomitmen membantu pemerintahaan Jokowi -Ma’ruf kedepannya,” ujar Filep dalam Konferensi Pers di Gedung Nusantara III, Parlemen Senayan, Jakarta Selatan, Jumat, (25/10/2019).

BACA JUGA:   Dewan Harapkan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama di Katingan Tetap Terjaga dengan Baik

Sementara itu, Anggota DPR RI dapil Papua Komarudin Watubun mengatakan bahwa pemerintahan Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 harus bisa menyelesaikan persoalan di Papua.

Politikus PDI Perjuangan itu menegaskan bahwa tujuan bernegara yakni, melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, guna untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

BACA JUGA:   Banggar DPR RI: Ramadan Jadi Katalisator Pertumbuhan Ekonomi Nasional

“Namun, selama ini penyelesaian persoalan yang terjadi di Papua masih jauh dari tujuan bernegara,” tutur Komarudin.

Komarudin bilang persoalan papua itu kelihatan tenang, tetapi tidak aman. Bahkan penyelesaiannya pun belum menyentuh persoalan mendasar. Ibarat api, hanya menghalau asap tetapi api tetap berkobar.

“Semoga era pemerintahan kedua Jokowi ini, kita sama-sama memiliki komitmen kuat untuk menyelesaikan persoalan-persoalan di tanah Papua,” pungkas Komarudin Watubun.

(dis/beritasampit.co.id)