Motif Batik Kalteng Antarkan Kafilah Katingan Juara FSQ Tingkat Nasional

FSQ KE-24 NASIONAL : IST/BS - Ketua DPD Lembaga Seni Qasidah Indonesia atau LASQI Kabupaten Katingan, Endang Susilawatie saat foto bersama dengan peserta juara 1 dan 2

Editor : Maulana Kawit

KASONGAN – Kontingen Kafilah Festival Seni Qasidah (FSQ) Kabupaten Katingan berhasil memperoleh prestasi yang membanggakan saat mewakili Provinsi Kalimantan Tengah pada pergelaran FSQ ke-24 tingkat Nasional di Kota Jakarta belum lama ini.

Peserta asal Kabupaten Katingan Wakili Kalteng ini bernama Norhayatun Thayibah yang dinobatkan oleh juri sebagai Juara 1 cabang lomba Fashion Show Putri Dewasa, dan rekannya Sukirno mendapatkan juara 2 cabang lomba Fashion Show Putra Dewasa.

Motif batik benang bintik yang dibawakan saat lomba Fashion Show adalah dipadukan dengan bermotif Kalakai, Telawang dan Mandau khas Kalimantan Tengah, sehinggga menjadi juara pada ajang FSQ ke-24 tingkat Nasional di Jakarta.

BACA JUGA:   120 Orang Duta Genre Dikukuhkan, Pj Bupati Katingan Sampaikan Pesan Ini

Ketua DPD Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Kabupaten Katingan, Endang Susilawatie, mengatakan sangat bangga dengan prestasi kafilah asal Kabupaten Katingan yang mewakili Kalteng diajang nasional.

“Lomba fashion show FSQ tingkat nasional di Jakarta kemarin membawa motif batik Kalteng benang bintik, yang dipadukan dengan motif Kalakai, Telawang dan juga Mandau. Alhamdulillah, peserta putri meraih juara terbaik satu dan putra terbaik kedua,” jelas Endang Susilawatie yang juga anggota DPRD Katingan, kepada sejumlah media, Jumat (20/12/2019).

BACA JUGA:   Siswa SMA Negeri 2 Kasongan Bagikan 200 Paket Takjil untuk Masyarakat

Lanjutnya menambahkan kegiatan yang diikuti sampai ke tingkat nasional untuk tindak lain untuk menyebarkan syiar Islam menuju Kalimantan Tengah Berkah, sehingga prestasi yang diraih ini merupakan kebanggaan bagi masyarakat Kalimantan Tengah khususnya Kabupaten Katingan.

“Yang jelas kegiatan itu menyebarkan syiar Islami menuju Kalteng berkah. Selain mendapat juara 1 fashion show putri dewasa dan juara 2 fashion show putra dewasa. Di cabang lomba bintang vokalis dewasa putra dan putri kontingen Katingan saat wakili Kalteng mendapatkan juara harapan 2 tingkat nasional,”pungkasnya.

(nas/beritasampit.co.id)