Bupati Barsel Ingatkan Manajemen Pengelolaan Keuangan

Keterangan foto : Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri, saat menyerahkan secara simbolis kepada Kantor Kecamatan Dusun Selatan DPA Tahun Anggaran 2020.  

Editor : Maulana Kawit

BUNTOK – Bupati Barito Selatan (Barsel) H Eddy Raya Samsuri menyebutkan, dengan telah dilaksanakannya penyerahan secara simbolis Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) SKPD untuk Tahun Anggaran 2020 mendatang.

Maka proses, pelaksanaan manajemen pengelolaan keuangan daerah termasuk pelaksanaan program dan kegiatan di Tahun 2020 mendatang bisa dilaksanakan sedini mungkin.

“Sehingga, untuk target penyerapan anggaran dan realisasi kegiatannya bisa terpenuhi,” Hal tersebut dikatakan Eddy Raya Samsuri dalam sambutannya dalam acara Penyerahan Secara Simbolis DPA Tahun Anggaran 2020 Kabupaten Barsel Senin, 30 Desember 2019, bertempat di Gedung Jaro Pirarahan Buntok.

Dikatakannya, selain itu juga tidak ada lagi alasan rendahnya penyerapan anggaran dan realisasi kegiatan sebab keterlambatan penyerahan DPA tahun berjalan dan untuk mewujudkan hal tersebut.

Oleh sebab itu, kepada seluruh Kepala SKPD diperintahkan untuk menetapkan pejabat pengelolan keuangan dan pengelola kegiatan sehingga program dan kegiatan bisa dilaksanakan dengan tepat waktu.

BACA JUGA:   Kecelakaan Maut di Desa Bipak Kali, Dua Pengendara Motor Tewas

“Segeralah, menyusun anggaran kas sebagai acuan pelaksanan program dan kegiatan serta melaksanakan proses pengadaan barang dan jasa secepat dan sesegera mungkin,”katanya.

Menurut Eddy Raya Samsuri, meski sudah ada UKPBJ-Bagian Pengadaan Barang dan Jasa akan tetapi untuk dokumen-dokumen pendukung pelaksanaan pelelangan pengadaan barang dan jasa tidak lengkap dari masing-masing perangkat daerah.

“Maka UKPBJ tersebut, tidak akan bisa melaksanakan tugasnya sehingga semuanya akan terlambat,”ujarnya.

Oleh sebab itu kata Eddy Raya Samsuri, dirinya tidak ingin ada antar perangkat daerah atau unit kerja yang saling menyalahkan atas keterlambatan tersebut.

“Laksanakan tugas, masing-masing dengan sebaik-baiknya dan penuh dengan rasa tanggung jawa yang tinggi. Disertai dengan semangat saling berkoordinasi, proaktif dan saling menghargai untuk mencapai tujuan bersama,”ungkapnya.

Orang nomor satu di Barsel ini menuturkan, bagi perangkat daerah terdapat anggaran yang bersumber dari DAK kiranya lebih cepat dan tepat dalam melaksanakan kegiatan jangan hanya bisa mencari DAK saja

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

“Akan tetapi, harus bisa melaksanakan program dan kegiatan yang bersumber dari DAK tersebut dengan cepat dan tepat yang sesuai dengan aturan,”bebernya.

Lebih lanjut ditambahkannya, selain itu juga menyusun laporan realisasi kegiatan dan penyerapan anggaran secara rutin.

“Untuk melaksanakan, evaluasi atas program dan kegiatan sedini mungkin sehingga jika ada permasalahan akan segera dapat diatasi,”pungkas Eddy Raya Samsuri.

Penyerahan secara simbolis, DPA Tahun Anggaran 2020 tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri kepada perwakilan Perangkat Daerah diantaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kantor Kecamatan Dusun Selatan (Dusel).

Acara tersebut juga dihadiri, Wakil Bupati Barsel Satya Titiek Atyani Djoedir, seluruh Unsur Forkopimda, Wakil Ketua I DPRD Barsel Moch Yusuf Kalem, Wakil Ketua II DPRD Barsel Hj Enung Irawati, beberapa anggota DPRD Barsel dan seluruh Kepala SKPD.

(ded/beritasampit)