BPBD Ingatkan Siaga Banjir

PANGKALAN BUN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), mengimbau masyarakat khususnya yang tinggal di bantaran sungai agar waspada terhadap banjir.

“Himbauan kami sampaikan kepada seluruh warga masyarakat Kobar, khususnya mereka yang pemukimannya berdekatan dengan bantara sungai,sedini mungkin agar mewaspadai ancama banjir,karena selama beberapa hari terakhir curah hujan di wilayah Kabupaten Kobar mulai tinggi,” kata Kepala BPBD Kabupaten Kobar Petrus Rinda Sabtu 4 Januari 2020.

BACA JUGA:   Asosiasi Aba Ambo Kobar Gelar Pentas Kesenian dan Penggalangan Dana

Menurut Petrus, pihaknya mengimbau sedini mungkin agar masyarakat yang bermukim disekitar bantara sungai meningkatkan kewaspadaanya.Karena debit air daerah aliran sungai bisa datang secara tiba-tiba seperti banjir bandang.

“Dan kami juga menghimbau kepada masyarakat, apabila datang musim hujan dan angin kencang jangan berteduh dibawah pohon, Khususnya kepada warga masyarakat dipedesaan terutama mereka yang bermukim dekat dengan bantara sungai,” imbuh Petrus.

BACA JUGA:   Gubernur Kalteng Ajak Masyarakat Bangun Daerah

Petrus juga menegaskan,untuk mengantisifasi sedini mungkin bencana alam khususnya banjir, masyarakat segera menghindar dan melaporkan kepada aparat desanya masing-masin,kemudian dari desa harus segera melaporkan ke kecamatan dan dari kecamatan segera melaporkan ke BPBD,” tegas Petrus Rinda (Man).