Herbarium OFI Dijadikan ‘Kreasi Baru’ Anak Sekolah Untuk Menanam Pohon

Man/BS - Dorprawati Siburian, SH, Direktur Kampanye Orangutan OFI, memperlihatkan ribuan bibit pohon milik anak-anak sekolah yang disemai di Herbarium yang siap ditanam.

PANGKALAN BUN – Lokasi Herbarium milik Orangutan Foundational Interational (OFI) di Desa Pasir Panjang, awalnya sepi bahkan jarang diketahui oleh masyarakat. Kini lokasi Herbarium itu telah dijadikan ‘kreasi baru’ bagi anak-anak Sekolah tingkat SD, SMP dan SLTA Sederajat, untuk dijadikan lahan menanam bibit pohon.

Presiden OFI Prof. Dr. Birute Mary Galdikas melalui Direktur Kampanye Dorprawati Sibuarian, SH mengatakan, sejak digelarnya program ‘Kampanye Orangutan” sekitar 2 tahun lalu dan kegiatan lainnya hingga sekarang OFI melalui  Herbarium itu telah membuka pintu selebar-lebarnya bagi anak-anak sekolah untuk dijadikan lahan menanam bibit pohon keras.

“Anak-anak sekolah dari semua tingkatan,mulai dari SD, SMP dan SLTA Sederaja, kami beri mereke bibit pohon melalui polibeg untuk ditanam, baik dirumahnya masing-masing atau sekolahnya. Setelah bibit pohon tersebut tumbuh,kemudian oleh anak-anak sekolah disemai di Herbarium,” jelas Dorprawati.

BACA JUGA:   Sebuah Rumah Kayu di Kelurahan Baru Pangkalan Bun Terbakar

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa tujuan OFI memberi bibit pohon kepada anak-anak sekolah, untuk menanamkan rasa kecintaan kepada alam, karena menurut Dorprawati melalui sebatang pohon bisa menyelamatkan kelestarian alam dan lingkungannya.

“Jadi sedini mungkin kami ajari mereka, agar mereka kelak setelah dewasa dan dihari tuanya menyadari betapa pentingnya kelestaran alam untuk kehidupan mahluknya,” ujar Dorprawati.

Setelah Herbarium dijadikan kreasi baru, kata Droprawati, hasilnya cukup lumayan, sekitar 1 tahunan ratusan bahkan ribuan anak-anak Kabupaten Kobar, berhasil mengumpulkan sekitar 15.000 lebih bibit pohon dari berbagai jenis di lokasi Herbarium milik OFI di Desa Pasir Panjang itu.

BACA JUGA:   Pembangunan Monumen Patung Prof. Dr. Birute Mary F Galdikas dan Suaminya Almarhum Bohap Mendapat Perhatian Khusus dari Pemkab Kobar

“Di lokasi Herbarium, kami juga mengajarkan cara menyemai bibit pohon. Jadi sebanyak 15.000 bibit pohon milik anak-anak sekolah inllah yang bersama anak-anak sekolah kami tanam keberbagai lokasi di wilayah Kabupaten Kobar,” tuturnya.

Itulah program OFI, selain ‘Kampanye Orangutan’, secara bertahap ke sekolah-sekolah untuk menyampaikan berbagai cara mencintai alam, seperti melalui program konservasi hutan dan alam sekitar 47 tahun lebih OFI telah dilaksanakannya, antara lain melestarikan kehidupan orangutan dihabitatnya di hutan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP).

(Man/beritasampit.co.id).