Dinkes Kobar Pastikan Siap Hadapi Virus Corona

Achamd Rois

PANGKALAN BUN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotawaringin Barat (Kobar) bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) mengoptimalkan Thermal Scanner untuk mendeteksi suhu pendatang yang lebih dari 38 derajat celcius, yang merupakan salah satu gejala dari Virus Corona.

Plt Dinkes Kobar, Achamd Rois mengatakan kesiagaan sudah berkoordinasi dengan Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Imanuddin, untuk menyiapkan ruangan isolasi Suspect Corona juga penyiapan tenaga dan sumber daya yang ada untuk digunakan.

BACA JUGA:   Personel  Tim Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Kobar Siaga Penuh Selama Ramadan

“Dalam penanganan pasien Suspect Corona. Kita juga sedang mengkoordinasikan untuk pemenuhan sarana pelayanan kesehatan yang tidak tersedia,” Jelas Achmad Rois, Kamis 30 Januari 2020.

Achmad Rois juga menjelaskan, ada beberapa obat yang bisa digunakan untuk infeksi virus seperti virus ini, dan masih berorientasi pada virus yang serupa, seperti SARS, H5N1, ada Mers.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan KKP dan Dinkes Provinsi Kalimantan Tengah untuk pemenuhan logistik dan perlengkapan untuk keperluan penanganan. “Surat edaran dari Kemenkes tentang penebaran virus, penanganan dan antisipasi sudah disampaikan ke seluruh puskesmas sehingga mempunyai kesiagaan dan kewaspadaan yang sama ketika terjadi penyebaran Virus Corona ini,” Ungkapnya.

BACA JUGA:   Kepala SMAN 2 Kumai Drs. Ridwan Sebut 45 Siswanya Dipersiapkan Mengikuti Olimpiade Sains Nasional 2024

Iya menambahkan, Gejala Virus Corona adalah pneumonia berat dan gangguan pernafasan. Ada beberapa penyakit yang mirip dengan corona, sehingga melakukan surveilans ketat, dengan memantau penyakit yang mirip dengan corona virus, harus seleksi secara ketat untuk melakukan pengecekan dan pemantauanya. (And)