Kades Ini Bangun Posyandu Gunakan Dana Desa

Ist/BS - Papan proyek swakelola yang diambil dari dana desa Datah Kotou.

PURUK CAHU – Dalam penggunaan Dana Desa (DD) tentunya banyak yang diharapkan pemerintah pusat, salah satunya adalah percepatan pembangunan di desa itu sendiri.

Sebagaimana yang dilakukan oleh pemerintah Desa Datah Kotou, Kecamatan Tanah Siang Selatan, Kabupaten Murung Raya. Dimana mereka telah membangun Posyandu untuk keperluan masyarakat lansia di desanya.

Dikatakan Kepala Desa, Heri Saputra bahwa dibangunnya Posyandu tersebut bersumber dari dana desa sebesar 70 juta yang diambil dari tahap tiga.

BACA JUGA:   Sekda Kalteng Sambangi Murung Raya, Pastikan Program Pasar Murah Kebijakan Gubernur Tepat Sasaran

“Posyandu lansia ini, dikhususkan bagi warga masyarakat lanjut usia, agar ada tempat untuk memeriksa kesehatan atau keperluan berobat maka dibuatlah Posyandu ini,” kata Heri Kamis, 6 Februari 2020 di Kota Puruk Cahu.

Lokasi Posyandu ini di wilayah RT 01, bangunan dari bahan kayu dengan masa kalender kontrak pekerjaan selama 45 hari masa kerja. Dan semua pengerjaan dilakukan secara swakelola.

BACA JUGA:   Sekda Kalteng Sambangi Murung Raya, Pastikan Program Pasar Murah Kebijakan Gubernur Tepat Sasaran

Dibangunnya Posyandu tersebut, lanjutnya, adalah sebagai upaya untuk mengatasi jarak tempuh yang jauh dari desanya ke Kota Puruk Cahu. Karena itu, salah satu caranya adalah membangun Puskesmas Pembantu (Pustu) bagi lansia.

“Maka dengan adanya Posyandu ini, setidaknya dapat menjadi solusi bagi warga masyarakat lansia untuk berobat atau sekedar cek kesehatan. Sehingga tidak perlu lagi ke Kota dengan biaya mahal,” tukasnya.

(Shp/beritasampit.co.id)