Panen Sayuran di Kebun PKK Desa Wonorejo

Ketua TP PKK Kabupaten Lamandau Hj Rusdianti Hendra Lesmana terlihat tampak asyik dan sumringah saat berkesempatan ikut panen sayur-mayur di kebun PKK Desa Desa Wonorejo, Kecamatan Sematu Jaya, Kabupaten Lamandau.

NANGA BULIK – Waktu saat menyambangi langsung berbagai persiapan pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Wonorejo, Kecamatan Sematu Jaya, yang akan mengikuti lomba HATINYA PKK tingkat provinsi Kalteng tahun 2020. Ketua TP PKK Kabupaten Lamandau Hj Rusdianti Hendra Lesmana juga tampak asyik dan sumringah karena berkesempatan ikut panen sayur-mayur di kebun PKK Desa setempat.

Isteri dari Bupati Lamandau Hendra Lesmana itu mengaku senang karena kunjungannya ke PKK Desa Wonorejo, ternyata bersamaan dengan masa panen aneka sayur-mayur yang ditanam di kebun PKK yang ada persis di seberang Kantor Desa itu.

“Asyik…. Gak disangka-sangka kita kesini malah ikut panen sayuran, seger-seger semua. Akhirnya pulang bawa oleh-oleh nih,” ungkap Rusdianti dengan senyuman. Jumat 14 Februari 2020

BACA JUGA:   Pemkab Bersama Perusahaan Swasta Bahas Perbaikan Sejumlah Ruas Jalan di Lamandau

Ditempat yang sama Kades Wonorejo Muhammad Gufran bercerita, luasan lahan milik desa yang selama ini dimanfaatkan ibu-ibu PKK di desanya itu sekira 800 m2, lahan itu dimanfaatkan untuk ditanami aneka jenis tanaman, mulai dari sayur-sayuran, tanaman obat keluarga (Toga), hingga budi daya ikan.

“Kalau jenis sayuran yang ditanami ibu-ibu PKK ini jenisnya cukup banyak, mulai dari kangkung, bayam, jagung, ketela, bayam, bawang merah, kacang tanah, kacang panjang, dan masih banyak lagi. Untuk beberapa jenis sayuran ada yang ditanam dengan pola tumpangsari. Adapun untuk toga dan budidaya perikanan memang ada lahannya dibuat terpisah, meskipun masih dalam satu hamparan,” jelasnya.

Hal sama juga diungkapkan Ketua PKK Desa Wonorejo Karyumi. Menurutnya, sejauh ini bercocok tanam khususnya sayur-mayur secara perlahan sudah menjadi kebiasaan bahkan gaya hidup di desanya itu, sehingga sebagian besar masyarakat di desanya telah memanfaatkan lahan pekarangan yang ada untuk bercocok tanam, apapun jenisnya, baik sayuran maupun toga.

BACA JUGA:   Tingkat Kejahatan di Kabupaten Lamandau Turun Drastis

Karyumi juga menyebut bahwa kebun PKK Desa Wonorejo yang saat ini ditanami berbagai jenis sayuran dan tanaman obat disebutnya dapat dijadikan pemantik atau bahan rujukan masyarakat saja.

Sementara itu, PKK Desa Wonorejo sendiri sudah dipilih sebagai kontestan yang akan mewakil kabupaten Lamandau di ajang Lomba Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman atau “HATINYA” PKK tingkat provinsi Kalimantan Tengah tahun 2020. Rencananya, penilaian lomba akan berlangsung pada bulan Maret mendatang.

(And/beritasampit.co.id)