BPBD Tahun ini Terima 1 Mobil Pemadam dan 2 Alat Berat

MUSIM KEMARAU : NAS/BS - Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang

KASONGAN –  Wakil Bupati Katingan menyampaikan bahwa pemerintah daerah kabupaten Katingan pada saat ini terus berupaya menambah sarana dan prasarana baik itu berupa mobil pemadam, dan sarana pendukung lainnya di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan.

“Rencananya mungkin tahun ini juga kita adakan 1 unit mobil pemadaman, dan 2 unit alat berat Excavator beserta alat berat Tronton untuk mengangkut Eksavatornya. Ini untuk kesiapsiagaan kita menghadapi musim kemarau tahun 2020 ini,” jelas Wakil Bupati Katingan, Sunardi N.T Litang, saat pimpinan pelaksaan rapat koordinasi evaluasi dan penanggulangan bencana Kabupaten Katingan, di aual kantor Bappeltibang Katingan, pada Kamis 27 Februari 2020 kemaren.

BACA JUGA:   Bocah 9 Tahun Dikabarkan Hilang di Sungai Katingan

Pasalnya, pada pengalaman tahun 2019 kemaren, menurut Sunardi, kebakaran hutan dan lahan gambut yang terjadi di kabupaten Katingan sangat susah dipadamkan, dan akhirnya pihaknya hanya membuat sekat bakar.

“Karena kita tindak mempunyai cukup peralatan yang memadai, pinjam sana, pinjam ini jadinya susah. Akhirnya untuk tahun ini harus berpikir untuk menambah sarana dan prasana yang kita miliki. Mudah-mudah di setujui tahun kemaren,” ucapnya.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Upayakan Pemerataan dan Peningkatan Kualitas Kesejahateraan Masyarakat untuk Kemajuan Ekonomi Daerah

Dirinya meminta, terkait penanggulangan bencana daerah dari semua pihak agar betul-betul serius melakukan penanggulangan bencana daerah Kebakaran hutan dan lahan.

“Karena apabila kebakaran ini tidak terkendali seperti tahun 2019 kemaren yang merasa akibatnya tentu adalah kita semua. Kantor Bupati saja tahun kemaren hampir saja tidak kelihatan karena ada kebakaran gambut,” pungkasnya.

(nas/beritasampit.co.id)