Akibat Corona, MPR Minta Pemerintah Berupaya Maksimal Agar Tidak Resesi

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Dok: Istimewa

JAKARTA— Wabah virus corona (covid-19) yang tengah berjangkit di hampir seluruh dunia menimbulkan banyak kekhawatiran dan kecemasan. Salah satu kekhawatiran yang muncul adalah dampaknya terhadap perekonomian dunia.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai wabah mematikan yang berasal dari Wuhan China itu sudah menimbulkan kerusakan cukup serius bagi perekonomian internasional hingga nasional.

BACA JUGA:   Akhirnya Jemaah Umrah Indonesia Bisa Pulang

Menurut Bamsoet, kondisi itu pun membuat kegiatan sejumlah produksi di berbagai negara, termasuk Indonesia juga menurun.

“Asumsinya, banyak perusahaan tidak akan mampu mewujudkan perkiraan laba. Dampaknya tentu saja ke pasar modal,” ujar Bamsoet, Senin, (9/3/2020).

Politikus Golkar itu berpandangan banyak investor sudah menarik dananya dari pasar modal untuk ditempatkan pada instrumen investasi yang aman. Sektor penerbangan dan pariwisata bahkan sudah menghitung rugi.

BACA JUGA:   Terima Ikatan Wartawan Online, Bamsoet Ingatkan Pentingnya Peningkatan Kualitas Insan Pers

“Kalau proses kerusakan ini tidak direduksi, perekonomian global bisa terseret ke dalam resesi,” pungkas Bambang Soesatyo.

Untuk itu, Mantan Ketua DPR RI berharap pemerintah berbuat maksimal mencegah potensi resesi dengan memiliki keberanian menawarkan dan menerapkan langkah-langkah stimulus untuk memperkecil skala kerusakan akibat Covid-19 tersebut.

(dis/beritasampit.co.id)