Rakernas VI AMAN Ditunda, Sejumlah Pengurus Daerah Gagal Berangkat

IST/BERITA SAMPIT - Sekjen PB AMAN, Rukka Sombolinggi.

PALANGKA RAYA – Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) dari sejumlah daerah termasuk Kalimantan Tengah (Kalteng) diketahui gagal berangkat ke Rapat Kerja Nasional (Rakernas) VI AMAN.

Ketua PD AMAN Barito Utara Potes Lekas mengatakan, pembatalan agenda nasional itu langsung dari Sekjen PB AMAN, Rukka Sombolinggi, karena merebaknya virus Corona.

“Kami tidak jadi berangkat, karena Sekjen PB AMAN umumkan Rakernas ditunda sampai waktu yang tak ditentukan,” kata Potes, Senin 16 Maret 2020 malam.

Lebih lanjut ia mengatakan, terpaksa beberapa pengurus daerah, terutama di kabupaten se-Kalteng kembali, “Ya kita balik, dan menunggu info lanjutan soal Rakernas VI,” tukasnya.

BACA JUGA:   Masyarakat Diminta Jaga Kebersihan Lingkungan Cegah Penularan DBD

Sementara, Sekretaris Jendral, (Sekjen) PB AMAN Rukka Sombolinggi, di Jakarta mengumumkan, bahwa dengan sangat terpaksa Rakernas ditunda sampai waktu yang tidak ditentukan.

Berikut bunyi instruksi Sekjen PB AMAN:

Yang terhormat seluruh Pengurus dan Panitia Perayaan HKMAN 2020, Ulang Tahun AMAN XXI dan Rakernas AMAN VI.

Salam Nusantara,

Dengan sangat menyesal saya ingin menyampaikan penundaan rangkaian perayaan HKMAN 2020, 21 Tahun AMAN dan Rakernas AMAN VI yang direncanakan di Kota Ende dan Kampung Adat Saga.

Hal ini terkait penyebaran COVID-19 yang saat ini sedang melanda seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Panitia akan segera mengambil langkah-langkah mitigasi untuk memastikan peserta yang sudah berada di Ende maupun yang dalam perjalanan dapat kembali ke rumah dengan selamat.

Saat ini kita sedang menghadapi krisis yang berkembang pesat. Semoga Semesta, Para Leluhur dan Tuhan YME tetap menolong kita semua.

Salam Nusantara

Rukka Sombolinggi,
(Sekjen AMAN)

BACA JUGA:   Nuryakin Membuka Pasar Murah Tahap Dua di Murung Raya

(shp/beritasampit.co.id).