Pemerintah Diminta Perhatikan Stok APD Hadapi Pasien Corona

Ilustrasi Tenaga Medis Menyempatkan Waktu untuk beribadah. Dok: Istimewa

JAKARTA— Pimpinan MPR RI meminta pemerintah segera menambah fasilitas Alat Pelindung Diri (APD) untuk seluruh Rumah Sakit di Indonesia, khususnya yang menangani pasien virus corona (covid-19).

Hal itu dikatakan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyusul kian melonjaknya pasien yang dinyatakan positif terjangkit virus Covid-19 di beberapa wilayah Indonesia.

Penambahan stok APD yang dimaksud seperti masker bedah, masker N95, baju, goggle, agar dengan mudah didapatkan untuk keselamatan pasien dan keselamatan petugas kesehatan.

BACA JUGA:   Lifting Migas Terus Menurun, Maman Golkar: PHE Belum Mampu Berkontribusi Terhadap Negara

Untuk itu, Bamsoet mendorong pemerintah segera mendata dan memberikan persediaan tambahan APD maupun kebutuhan alat kesehatan lainnya bagi para tenaga medis khususnya bagi RS rujukan yang menangani pasien Covid-19.

“Mengingat sudah adanya tenaga medis yang menjadi korban positif terinfeksi virus tersebut,” ujar Bamsoet, Rabu, (18/3/2020).

Selain itu, politikus Golkar mengatakan pemerintah harus membuat prosedur khusus penanganan pasien Covid-19 bagi para tenaga medis, agar perlindungan tenaga kesehatan dapat terjaga.

BACA JUGA:   Diduga Program Bodong Rice Cooker Gratis Kementerian ESDM, Komisi VII DPR: Harus Diaudit BPK RI

“Pemerintah mesti mempertimbangkan adanya penambahan tenaga kesehatan yang diharapkan dapat membantu RS dalam memaksimalkan penanganan bagi para pasien Covid-19, terutama di RS rujukan penanganan Covid-19,” pungkas Bambang Soesatyo.

(dis/beritasampit.co.id)