Ribuan Jamaah Katingan Kuala Berkumpul Masih Peringati Haul Guru Sekumpul

HAUL SEKUMPUL : Muy/BS - Haul Guru Sekumpul atau peringatan hari wafatnya KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani di Masjid Attayyibah, Pegatan, Kecamatan Katingan Kuala, Katingan.

KASONGAN – Ribuan jamaah di Kecamatan Katingan Kuala masih memperingati wafatnya ulama kharismatik dari Kalimantan Selatan KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani bertempat di Masjid Attayyibah, Pegatan, Katingan Kuala, Minggu, 22 Maret 2020.

Peringatan hari wafatnya KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau akrab dikenal dengan nama Guru Sekumpul asal Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan ini dipimpin oleh Guru Ahmad Baihaki selaku imam masjid tersebut.

BACA JUGA:   Upaya Pengawasan dan Edukasi, Pj Bupati Katingan Kunjungi Rumah Keluarga Terindikasi Stunting

Dari pantauan beritasampit.co.id nampak jamaah berdatangan dari beberapa desa di kecamatan Katingan Kuala. Jamaah membludak tidak saja penuh di dalam masjid, juga sampai halaman dan jalanan yang ada disekitarnya.

“Berkumpulnya jamaah haul Ini adalah salah satu ungkapan rasa cinta dari masyarakat sekitar kepada ulama besar tuan guru Sekumpul yang diyakini sebagai Waliyullah,” terang Hendri salah satu jamaah yang datang mengikuti Haul tersebut.

BACA JUGA:   Bantu Masyarakat Katingan, Pemprov Kalteng Adakan Pasar Murah

Dalam kesempatan itu, Guru Ahmad Baihaki yang memimpin haul guru sekumpul tersebut memaparkan manakib atau kisah bagaimana proses kelahiran, masa kecil dan perjuangan beliau dalam mengajarkan ilmu keagamaan Islam yang sudah menelurkan ulama-ulama besar lainnya di Kalimantan.

(Muy/beritasampit.co.id)