Aksi Jaga Kampung, Sediakan Tempat Cuci Tangan di Fasilitas Umum

Tempat Cuci Tangan : ENN/BERITA SAMPIT - Beberapa OKP di Sukamara bergerak untuk membuat tempat cuci tangan di beberapa fasilitas umum.

SUKAMARA – Beberapa organisasi kepemudaan di Kabupaten Sukamara tergerak untuk melakukan aksi jaga kampung sebagai gerakan mencegah penyebaran dan penularan Covid-19.

Aksi yang dilakukan adalah dengan menyediakan sejumlah tempat cuci tangan dibeberapa titik, khususnya tempat publik seperti pasar dan tempat ibadah.

Juru bicara Aksi Jaga Kampung, Mat Saleh mengatakan bahwa aksi tersebut merupakan kegiatan untuk memberikan contoh kepada masyarakat tentang pentingnya cuci tangan serta menggugah kesadaran masyarakat untuk lebih menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Sukamara Bakal Lakukan Pembenahan Pasar Saik

“Saat ini kita buat beberapa tempat cuci tangan walau masih terbatas, sudah ada di pasar dan rumah ibadah,” kata Mat Saleh, Senin (23/3/2020)

Dalam aksi tersebut juga dilaksanakan bimbingan membuat larutan disinfektan oleh pihak Dinas Kesehatan Sukamara, pemasangan tong air untuk cuci tangan, dan penyemprotan rumah ibadah dibeberapa tempat

“Penyemprotan rumah ibadah juga mendapatkan dukungan dari pengurus rumah ibadah serta remaja yang ikut serta bergotong royong dalam aksi ini,” jelas Mat Saleh.

BACA JUGA:   Lapas Sukamara Usulkan 65 Warga Binaan Mendapat Remisi Idul Fitri

Mat Salah juga mengharapkan agar pengurus rumah ibadah seperti masjid dan gereja untuk berkoordinasi dengan pihaknya untuk dilakukan penyemprotan disinfektan.

“Jadi harapannya dari kegiatan ini pengurus tempat ibadah bisa melaksanakan secara berkala dan bergerak masing-masing,” tukas Mat Saleh.

Aksi Jaga Kampung yang dilaksanakan pada Senin (23/3/2020) juga didukung oleh berbagai instansi seperti TNI dan Polri, BUMD, Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup Sukamara yang ikut memberikan arahan serta sarana untuk kegiatan tersebut. (enn/beritasampit.co.id)