Soal ODP dan PDP di Katingan, Anggota DPRD Imbau Jangan Panik dan Tetap Waspada

IST/BERITA SAMPIT - Budy Hermanto

KASONGAN – Anggota DPRD Katingan Budy Hermanto meminta masyarakat untuk tetap tenang dan terus waspada menghadapi wabah Virus Corona atau Covid-19 yang kini  jumlah pasien positif Corona di Kalteng terus bertambah.

Penyebaran virus pandemi ini terbilang cepat. Hampir semua daerah di Kalteng mulai diserang virus mematikan ini. Salah satunya di Kabupaten Katingan yang kini telah merawat dua pasien dengan status ODP dan PDP.

“Kita baru saja mendapatkan informasi jumlah pasien positif di Kalteng bertambah, hal serupa juga terjadi di Katingan yang mulai merawat dua pasien dengan satu status ODP dan PDP yang sekarang dirawat di RSUD Mas Amsyar Kasongan. Saya minta masyarakat jangan panik dan tetap waspada,” terang Anggota DPRD muda ini. Selasa, 24 Maret 2020.

Politisi Gerinda ini juga mengimbau masyarakat untuk tetap mengikuti arahan dari pemerintah yaitu untuk Social Distancing atau menjaga jarak antar satu dengan yang lain. Hal ini sebagai langkah pencegahan untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini.

BACA JUGA:   120 Orang Duta Genre Dikukuhkan, Pj Bupati Katingan Sampaikan Pesan Ini

“Jaga pola hidup sehat dan rajin mencuci tangan, hindari keluar rumah bila tidak ada keperluan mendesak, penyebaran virus ini hanya bisa dilawan dengan keterlibatan semua pihak salah satunya dengan mengikuti arahan dari pemerintah,” tutur anggota Komisi III ini.

Meski begitu, Budy Hermanto yang juga ketua KNPI Kabupaten Katingan ini mengajak masyarakat untuk tetap tenang dan tidak melakukan kekhawatiran yang berlebihan dengan melakukan aksi borong bahan pokok.

“Menyikapi cobaan wabah ini kita semua harus tenang, jangan lakukan aksi borong barang pokok yang berlebihan, apalagi ada upaya penimbunan barang yang dilakukan oknum pedagang, disituasi seperti ini jangan ada oknum yang mengambil kesempatan,” tegasnya.

BACA JUGA:   Siswa SMA Negeri 2 Kasongan Bagikan 200 Paket Takjil untuk Masyarakat

Ia juga meminta pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk terus melakukan monitoring harga sembako yang mulai merangkak naik dari harga normal.

“Saya minta dinas terkait untuk terus melakukan pemantau lapangan soal kestabilan bahan pokok, jadi harus berimbang masyarakat diminta untuk tidak terlalu beraktivitas di luar rumah bahan pokok tetap aman,” lanjutnya,

Walaupun demikian, ia juga mengakui dampak penyebaran virus corona membuat roda ekonomi di Katingan mulai menurun, terlebih keluhan ini paling sering diungkapkan para pengusaha dan pedagang harian.

“Iya ini juga jadi problem bagi kita semua, untuk sekarang ini kita sama-sama berdoa untuk secepatnya wabah corona ini bisa teratasi,” tutupnya.

(Kawit/Beritasampit.co.id)