Cegah Covid-19, Relawan Ini Semprotkan Disinfektan di Fasilitas Umum

TNI-POLRI KOMPAK : Istimewa/BERITA SAMPIT – Tampak 2 nggota,TNI dan POLRI kompak sedang menyemprot disinfektan di fasilitas umum Kota Kecamatan Kolam Kotawaringin Barat.

PANGKALAN BUN – Sebagai antisipasi pencegahan secara preventif penularan Covid-19, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Kotawaringin Lama yang terdiri dari tiga unsur, yakni Camat, Danramil, dan Kapolsek jadi relawan semprotkan disinfektan di fasiltas umum Kecamatan Kotawaringin Lama Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Kegiatan tersebut juga dibantu relawan dari Yayasan Pondok Pesantren Pendidikan Islam Terpadu Al Huda Kecamatan Kotawaringin Lama.

Komandan Rayon Militer Kecamatan Kolam, Kapten Inf Handoyo menyampaikan, bahwa sesuai dengan amanat Panglima TNI, bahwa TNI harus ikut berperan dalam mencegah penularan virus corona, dan memberikan sosialisasi langsung ke masyarakat tetang perilaku hidup bersih sehat (PHBS), misalnya kata dia, tata cara cuci tangan yang baik dan benar, serta aksi penyemprotan cairan disinfektan.

“Kegiatan hari ini adalah kerjasama antara pemerintah kecamatan, TNI, Polri dan relawan melaksanakan sosialiasi PHBS ke masyarakat sekaligus melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke fasilitas-fasilitas umum di wilayah Kecamatan Kotawaringin Lama,” terang Handoyo.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar Hadiri Launching Rute Baru Maskapai Batik Air

Sementara itu, Kapolsek Kecamatan Kotawaringin Lama Iptu Kustianto menambahkan, bahwa Polri juga sangat mendukung, aktif dan turut berpartisipasi, sebagai upaya pencegahan masuknya wabah virus corona di wilayah Kecamatan Kotawaringin Lama.

“Kegiatan hari ini sangat positif, walaupun belum ditemukan kasus di wilayah kita, namun hal ini lebih bagus, karena pada dasarnya mencegah lebih baik dari pada mengobati, harapannya dengan masyarakat yang terbiasa dengan PHBS dan dilaksanakanya penyemprotan disinfektan di fasiilitas umum, mampu mencegah masuknya wabah ini ke Kecamatan Kotawaringin Lama,” jelas Iptu Kustianto.

Selain itu Ketua Yayasan Pondok Pesantren Pendidikan Islam Terpadu Al Huda Kecamatan Kotawaringin Lama, Gusti Samudra, sebagai salah satu inisiator kegiatan sekaligus relawan menyampaikan bahwasanya, sebagai wujud ikhtiar masyarakat Kotawaringin melawan Covid-19, salah satunya dengan ikut ambil bagian dalam aksi nyata bersama pemerintah, TNI dan Polri, pada kegiatan tersebut.

BACA JUGA:   Bank Kalteng Pangkalan Bun Bersama PIP Berbagi Berkah Takjil di Bulan Ramadan

“Sasaran dari kami sebagai relawan adalah melaksanakan penyemprotan disinfektan di fasilitas-fasilitas umum, tempat ibadah baik masjid, mushalla maupun gereja, sekolah, pasar, terminal, perkantoran, dan apabila memungkinkan ke pemukiman warga di wilayah Kecamatan Kotawaringin Lama,” terang Gusti Samudra.

Camat Kotawaringin Lama, Nahwani apresiasi terhadap kegiatan sosialisasi PHBS sekaligus penyemprotan disinfektan tersebut.

“Kegiatan ini salah satu implementasi dari Surat Edaran Bupati Kobar Nomor 800.08/2105/KD.C tentang Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) diantaranya dengan melaksanakan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dan pencegahan wabah dengan melaksanakan penyemprotan ke fasilitas umum, semoga dengan kegiatan ini Kecamatan Kolam senantiasa aman dan terhindar dari Covid-19,” tutur Nahwani (Man/Ris/beritasampit.co.id).