Dukung Tenaga Medis Lawan Covid-19, Warga Secara Swadaya Sumbang APD

PENYERAHAN : ILHAM/BERITA SAMPIT - Bantuan APD oleh Eka Herlambang didampingi kerabatnya, yang diterima langsung Ketua tim penanganan covid-19 RS Murjani, dr Efraim Kendek Biring, di ruang isolasi RSUD dr Murjani Sampit, Senin 30 Maret 2020

SAMPIT – Di tengah perlawanan covid- 19 atau corona, tim medis sebagai garda terdepan harus berjuang dengan kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) yang masih terbilang minim dan langka.

Melihat fenomena ini gerakan sosial mulai berdatangan untuk membantu dan memberikan semangat kepada para pejuang kemanusiaan ini.

Seperti yang dilakukan sejumlah warga Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, (Kotim), memberikan bantuan APD pada petugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Murjani Sampit, Senin 30 Maret 2020.

Menariknya lagi, bantuan APD tersebut merupakan hasil dari sumbagan secara swadaya oleh warga, agar kebutuhan APD untuk para tenaga medis selalu tercukupi.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Minta Satpol PP Maksimalkan Penegakan Perda

“Ada 24 pasang APD yang masing-masing disumbang secara sukarela oleh warga, ada yang 10 pasang dari pribadi, dan 14 pasang dari gabungan warga,” ungkap Eka Herlambang, salah seorang perwakilan warga.

Bantuan APD ini merupakan bentuk kepedulian warga yang turut bersama melawan covid-19, selain itu juga sebagai penyemangat agar tim medis lebih terlindungi dalam menjalankan tugas mereka.

“Dengan adanya tambahan APD ini, tim medis bisa lebih terlindungi dan terus termotivasi menjalankan perannya sebagai benteng terdepan menghadapi covid-19 ini,” papar Eka.

BACA JUGA:   Target Juara Umum, Bupati Kotim Minta Koordinator Olahraga Kecamatan Bantu Suksesnya Porprov Kalteng

Sementara itu, Ketua tim penanganan covid-19 RS Murjani, dr Efraim Kendek Biring, mengungkapkan terimakasihnya kepada masyarakat yang turut memberikan bantuan maupun dorongan moral kepada petugas.

“Memang APD disini sudah berkurang, seperti digunakan penangan untuk penangan pada pasien ODP, maupun digunakan untuk yang lainnya, bantuan APD ini pastinya sangat berguna bagi kami di ruang isolasi ini,” pungkasnya.

(Cha/beritasampit.co.id)