Pemkab Kotim Sampaikan Laporan LKPJ Anggaran 2023 dalam Rapat Paripurna

NARDI/BERITA SAMPIT- Bupati Kotim Halikinnor saat penyerahan LKPJ tahun 2023 ke DPRD Kotim.

SAMPIT – Rapat Paripurna digelar dengan Agenda Penyampaian Pidato Pengantar Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) tentang Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Tahun 2023, Senin 25 Maret 2024 di Gedung DPRD setempat.

Bupati Kotim Halikinnor menyampaikan LKPJ merupakan laporan yang disampaikan oleh pemerintah daerah kepada DPRD, memuat ruang lingkup penyelenggaraan urusan pemerintahan serta hasil pelaksanaan tugas pembantuan dan penugasan.

Hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan, meliputi pelaksanaan program dan kegiatan, serta permasalahan dan upaya penyelesaian setiap urusan, kebijakan strategis yang ditetapkan oleh kepala daerah dan pelaksanaannya, tindak lanjut rekomendasi dewan perwakilan rakyat daerah tahun anggaran sebelumnya serta hasil pelaksanaan tugas pembantuan dan penugasan.

BACA JUGA:   Korban Bunuh Diri di Desa Pelantaran Telah Dimakamkan, Suami Histeris

Tahun 2023, Kabupaten Kotim mendapatkan predikat B dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (Kemenpanrb) terkait evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi tahun 2023.

Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri karena kabupaten Kotim satu-satunya yang mendapat predikat B di Kalimantan Tengah.

“Diharapkan bisa terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan menjadi A,” kata Halikinnor.

Halikinnor menyampaikan Target pendapatan daerah pada APBD Kabupaten Kotim tahun anggaran 2023 yaitu Rp2,29 triliun

Pendapatan daerah ini terdiri dari pendapatan asli daerah (PAD), pendapatan transfer, dan lain-lain pendapatan daerah yang sah.

BACA JUGA:   Truk Angkutan Dipersulit Dapatkan BBM Subsidi, Sopir: Hancurkan Mata Pencaharian

Sampai akhir bulan Desember 2023 realisasi Pendapatan secara keseluruhan adalah Rp2,03 triliun atau sebesar 88,58 persen.

Target belanja adalah sebesar Rp2,45 triliun, sedangkan realisasi belanja sebesar Rp2,02 triliun, atau sebesar 82,22 persen.

Belanja daerah tersebut terdiri dari beberapa komponen, yaitu belanja operasi, belanja modal, belanja tidak terduga dan belanja transfer.

Dirinya juga berterima kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD Kotim, jajaran SKPD Kotim dan segenap unsur lainnya yang telah memberikan dukungan dan kontribusi nyata dalam pelaksanaan urusan pemerintahan dan pembangunan selama tahun 2023. (Nardi)