Perkembangan Covid-19 di Murung Raya ODP 22 dan PDP 10

IST/BERITA SAMPIT - Konferesi Pers dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Mura, Rejikinor didamping oleh Kadinkes, dr Suria Siri dan Kepala BPBD, Markudius Dani

PURUK CAHU – Gugus Tugas penanganan Virus Corona atau Covid-19 Kabupaten Murung Raya (Mura) kembali merilis data terbaru perkembangan Covid-19, Sabtu 11 April 2020 pukul 15:00 WIB sore.

Dari data tersebut, Kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) sampai saat ini 28 orang. Selesai pemantau sebanyak 6 orang, dan sedang dalam proses sebanyak 22 orang tetap.

Sedangkan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) total kasus sampai saat ini 13 orang yang selesai pengawasan 3 orang hasi pemeriksaan PCR dinyatakan negatif.

Jadi total PDP sebanyak 10 orang, diantaranya 9 orang dirujuk ke Rumah Sakit Doris Sylvanus Palangka Raya, dan 1 orang di rujuk ke Rumah Sakit Murjani Sampit.

BACA JUGA:   Sekda Kalteng Sambangi Murung Raya, Pastikan Program Pasar Murah Kebijakan Gubernur Tepat Sasaran

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Murung Raya, Rejikinor saat melaksanakan konferensi Pers di ruangan Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan di hadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan, dr Suria Siri, Kepala BPBD, Markudius Dani.

“Kita patut bersyukur kepada Allah sampai saat ini tidak ada yang positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Murung Raya ini, artinya kita telah mendapatkan pertolongan dari allah,” ujar Wabup Rejikinoor yang akrab disapa Kinoi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr Suria Siri menyampaikan himbauan kepada masyarakat langkah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 tersebut, agar menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih (PHBS).

Adapun beberapa pola yang bisa diterapkan dalam hidup sehari-hari seperti mengkonsumsi makanan bergizi, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Serta berjemur dibawah sinar matahari setiap pagi, gunakan masker dalam melakukan kegiatan diluar rumah. Dan kurangi berinteraksi dengan orang lain jika tidak perlu atau mendesak (social distancing) dan stay at home.

BACA JUGA:   Sekda Kalteng Sambangi Murung Raya, Pastikan Program Pasar Murah Kebijakan Gubernur Tepat Sasaran

“Masyarakat harus mematuhi himbauan pemerintah, kalau masyarakat tidak mematuhi apa yang dianjurkan oleh pemerintah. Maka pemutusan mata rantai covid-19 ini akan sulit dilakukan, serta petugas kesehatan pun akhirnya bisa kebablasan untuk menangani penyakit itu. Oleh karena itu, kami berharap masyarakat bisa mendukung upaya dari pemerintah untuk melawan penyebaran virus tersebut,” tutupnya.

(Lulus/Beritasampit.co.id)