Cegah Penyebaran Covid-19, Rumah ODP di Sukamara Bakal Ditempel Stiker

Pantau : ENN/Berita Sampit - Wakil Bupati Sukamara Ahmadi saat memantau tempat Isolasi terintegrasi di BPG Sukamara

SUKAMARA – Berbagai upaya dilakukan pemerintah Kabupaten Sukamara agar dapat mencegah penyebaran Coronavirus Disease Covid-19 masuk ke wilayah tersebut.

Salah satu upaya yang bakal dilakukan adalah dengan memasang stiker di rumah para ODP atau orang dalam pemantauan.

Sekda Sukamara, Sutrisno menjelaskan bahwa pemasangan stiker tersebut sebagai langkah untuk tingkatkan kesadaran masyarakat agar dapat melakukan sosial distancing serta isolasi mandiri.

“Kita tempel stiker di rumah yang ada ODP-nya, nanti stikernya bertulis sudah saatnya anda berbahagia berkumpul dengan keluarga,” jelas Sutrisno, Rabu (15/4/2020).

BACA JUGA:   H Ahmadi Siap Lanjutkan Pembangunan Kabupaten Sukamara

Adanya stiker tersebut akan membuat para tetangga juga ikut mengawasi ODP yang dimaksud untuk taat melakukan isolasi mandiri selama 14 hari, sehingga tidak keluyuran yang berpotensi menyebarkan virus Covid-19 ke orang lain.

“Ini untuk meningkatkan pengawasan,” ucapnya.

Sutrisno juga menerangkan jika stiker akan menggunakan bahasa yang halus, serta memberikan motivasi seperti “sudah saatnya anda berbahagia berkumpul dengan keluarga” untuk status ODP.

Sementara jika masa isolasi mandiri telah usai maka stiker akan diganti dengan natasi ‘terimakasih anda telah berperan besar dalam menjaga kesehatan keluarga dan masyarakat”

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan 

“Jadi tidak akan menyinggung yang punya rumah serta orang yang berstatus ODP,” ujarnya.

“Dan mereka yang rumahnya kita pasangi stiker ini juga akan berfikir untuk tidak keluar rumah atau keluyuran, dan RT maupun tenaga kesehatan juga sudah mengetahui,” lanjutnya.

“Kita berharap dengan langkah ini dapat memutus rantai Penyebaran Covid-19, selain itu jangan sampai ada yang terserang virus ini di Sukamara,” harap Sutrisno. (enn/beritasampit.co.id)