Sakariyas Minta Pemegang Izin Usaha Tak Beri Izin Mudik Karyawan

ANNAS/BERITA SAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas.

KASONGAN – Sehubungan dengan makin meluasnya penyebaran wabah penyakit yang disebabkan oleh Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi sampai dengan Pemerintah Kabupaten/Kota berupaya mengambil langkah-langkah pencegahan guna memutus mata rantai penyebaran wabah tersebut.

Maka, Pemerintah Kabupaten Katingan mengimbau kepada pimpinan pemegang izin usaha, baik itu sektor kehutanan, perkebunan, pertambangan, perbankan, dan usaha lainnya di wilayah Kabupaten Katingan untuk tidak memberikan izin mudik bagi karyawannya.

Bupati Katingan Sakariyas, mengatakan bahwa salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah adalah dengan memperketat arus keluar masuk orang dari satu wilayah ke wilayah lain, terutama wilayah-wilayah yang menjadi trasmisi lokal penyebaran dan telah ditetapkan zona merah.

BACA JUGA:   Lantik Pj Kades dan PAW BPD, Pj Bupati Katingan Sampaikan Pesan Ini

Pasalnya, beberapa waktu mendatang umat Islam akan memasuki bulan suci ramadan dan merayakan Hari Raya ldul Fitri (Lebaran) 1441 Hijriah. Dan ini, salah satu kebiasaan dan sudah menjadi budaya bagi masyarakat Indonesia, termasuk di Kabupaten Katingan adalah tradisi mudik lebaran ke kampung halaman.

“Sejalan dengan kebijakan Pemerintah Pusat untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19. Kami menghimbau dan meminta kepada seluruh pimpinan pemegang izin usaha sektor kehutanan, perkebunan, pertambangan, perbankan dan usaha lainnya yang berada di Kabupaten Katingan untuk tidak memberikan izin kepada para pekerja yang akan mudik lebaran keluar wilayah Kabupaten Katingan,” tegas Sakariyas, Selasa 21 April 2020.

BACA JUGA:   Penyuluh Agama dan Anggota Asosiasi Keagamaan Diharapkan Mampu Jalankan Tugas

Lanjutnya menambahkan, apa yang dilakukan adalah semata-mata untuk mencegah agar para pekerja yang mudik tidak membawa atau menularkan wabah Covid-l9 ke kampung halamannya, maupun ke Kabupaten Katingan pada saat kembali nantinya.

“Selain itu, diharapkan masyarakat harus mengunakan masker, jaga jarak, rajin cuci tangan, jangan suka berkumpul-kumpul, dan lain-lain pada saat wabah virus corona atau Covid-19 ini. Semoga kita semua selalu disehatkan dan dijauhkan dari virus ini,” pungkasnya. (Annas/beritasampit.co.id).