Zakat Akan Disalurkan Awal Ramadan

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah Masrawan.

PALANGKA RAYA – Kantor Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Masrawan meminta kepada Kantor Kemenag Kota dan Kabupaten se-Kalteng untuk sosialisasi kepada masyarakat, bahwa pembayaran zakat dilakukan bulan awal bulan ramadan.

Menanggapi hal itu, pada rapat melalui video conference, Kamis 23 April 2010 seluruh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten dan Kota menyatakan akan segera melakukannya. Seperti halnya yang dikatakan Kepala Kemenag Kapuas Ahmad Bahruni yang mengaku bakal menggelar rapat bersama Ormas keagamaan Islam terkait pembayaran zakat fitrah.

“Kemenag Kapuas akan segera mengundang pengurus Ormas keagamaan Islam untuk membahas zakat fitrah ini,” ujar Bahruni.

BACA JUGA:   Flamboyan Bawah Palangka Raya Banjir, Warga Harapkan Bantuan dari Pemerintah

Masing-masing Kantor Kemenag Kabupaten dan Kota mengaku telah mengkomunikasikan edaran tersebut dengan pemerintah daerah. Termasuk pula dengan organisasi keagamaan Islam seperti Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, dan Majelis Ulama Indonesia.

“Kami sudah berkomunikasi dengan pemerintah daerah dan organisasi keagamaan Islam. Semuanya sependapat bahwa panduan ibadah Ramadan diperlukan untuk membantu pemerintah mengendalikan penyebaran Covid-19,” kata Kepala Kantor Kemenag Lamandau, Hamim.

Terpisah, Kabid Bimas Islam Kemenag Kalteng H. Moh. Asbli meminta jajaran Bimas Islam daerah untuk mensosialisasikan edaran itu, agar bisa diikuti umat muslim. Misalnya terkait pelaksanaan salat tarawih di rumah masing-masing.

BACA JUGA:   Polda Kalteng Musnahkan Barang Bukti Narkotika Sitaan dari Tersangka di Empat Wilayah Kabupaten/Kota

“Kepatuhan masyarakat menjadi salah satu bagian penting dalam mengendalikan atau memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ucap Asbli.

Selain membahas soal rangkaian ibadah bulan Ramadan, rapat daring tersebut juga diisi dengan dzikir dan doa bersama mendoakan agar Covid-19 segera usai. Pembacaan surah Yasin dan shalawat Nabi melibatkan seluruh pesertarapat.

“Saya mengajak seluruh Kankemenag dan jajarannya untuk berdoa bersama agar Covid-19 segera berlalu, sehingga aktivitas kita bisa kembali seperti semula,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah Masrawan. (Hardi/beritasampit.co.id).