Update 26 April : Lima Kecamatan di Kotim Zona Merah, Positif Covid-19 Bertambah

IST/BERITA SAMPIT - Peta penyebaran Pandemi Covid-19 di Kotim.

SAMPIT – Dari 17 Kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), 5 kecamatan dikategorikan zona merah, sedangkan 12 kecamatan lainnya zona putih atau tidak terkonfirmasi adanya penyebaran di wilayah tersebut.

Namun demikian, melalui suaran persnya pada Sabtu 24 April 2020 kemarin, Bupati Kotim, Supian Hadi, selaku Ketua Gugus Tugas Pecepatan Penanggulangan Covid-19, menegaskan, agar masyarakat tidak menganggap remeh penyebaran Covid-19 di kabupaten Kotawaringin Timur.

“Saya mendukung kebijakan presiden untuk melarang mudik, baik melalui jalur darat, udara maupun laut. Dengan penerapan larangan mudik tersebut kita sama-sama berharap dapat meminimalisir penyebaran Covid-19, bukan saja di Kotim, namun juga di seluruh daerah,” ucap Supian Hadi.

Sementara data dari Gugus Tugas Covid-19 kabupaten Kotim, update 26 April 2020, pukul 12.00 WIB, ada lima kecamatan yang masih termasuk zona merah meliputi;

Kecamatan Mentawa Baru Ketapang;
ODP 16, PDP – , Positif 4, Sembuh 1, MD -.

Kecamatan Kota Besi; ODP 7, PDP -, Positif 2, Sembuh -, MD 1.

BACA JUGA:   Empat Orang Alami Luka Dalam Laka Lantas di Kota Besi

Kecamatan Telawang;
ODP 7, PDP -, Positif 1, Sembuh -, MD -.

Kecamatan Baamang;
ODP 5, PDP -, Positif 2, Sembuh -, MD -.

Kecamatan Parenggean;
ODP -, PDP -, Positif 1, Sembuh-, MD -.

Dari data tersebut tentunya penyebaran Covid-19 di kabupaten Kotim masih terus menunjukkan perkembangan yang mengkhawatirkan dan sudah melalui transmisi lokal.

Gugus tugas penanganan percepatan Civid-19 kabupaten Kotawaringin Timur kembali menemukan adanya penambahan 3 orang warga yang ter konfirmasi positif terjangkit Covid-19 berdasarkan hasil swab tes.

Tiga orang warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu adalah pasien dengan penamaan pasien 10, 11 dan 12

Mereka adalah satu keluarga dan merupakan OTG atau orang tanpa gejala yang sebelumnya berstatus orang dalam pemantauan.

Ketiga pasien positif yang telah melakukan karantina mandiri selama ditetapkan sebagai ODP tersebut sebelumnya memang diketahui memiliki riwayat kontak dengan salah satu pasien positif yakni pasien 03.

BACA JUGA:   Galian C Diduga Ilegal di Cempaga, Begini Respon Kapolsek hingga Kapolres

Dengan adanya penambahan pasien positif ini, maka jumlah warga di kabupaten Kotawaringin Timur yang terkonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 12 orang.

Dari 12 orang itu 1 diantaranya dinyatakan sembuh dan 1 orang lainnya meninggal dunia.

Data harian Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kotawaringin Timur, update 26 April 2020, pukul 12.00 WIB;

Total pantau 174, lepas pantau 139, ODP 35, PDP 0, Tersebar di 5 kecamatan.

Terkonfirmasi Positif 12 (10 dalam perawatan, 1 sembuh, 1 meninggal dunia).

Adapun data pasien perawatan Covid-19 di RSUD dr Murjani Sampit, sebanyak 16 pasien, dengan rincian 10 pasien dari Kabupaten Kotim, 4 pasien dari Kabupaten Katingan dan 2 pesien dari Kabupaten Seruyan. Data PDP 6 orang dari Kabupaten Katingan.

Sementara pasien meninggal dunia di Kabupaten Kotim 1 orang pasien positif Covid-19 dari kecamatan Kota Besi, serta 1 orang PDP (hasil swab belum keluar dari Laboratorium) dari kecamatan Baamang.

(jun/beritasampit.co.id)