Bandara Iskandar Ditutup, Pemeriksaan Swab Pasien Covid-19 Dialihkan ke Banjarbaru

IST/BERITA SAMPIT - Ahmad Rois, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat.

PANGKALAN BUN – Bandara Iskandar Pangkalan Bun telah ditutup, maka pemeriksaan swab pasien Covid-19 dialihkan dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Achmad Rois menjelaskan, hal itu dilakukan mengingat hingga saat ini Kalimantan Tengah belum memiliki fasilitas laboratorium untuk pemeriksaan swab sampel pasien Covid-19.

“Saat ini kita hadapi kendala dihentikannya penerbangan berdampak proses pemeriksaan swap sampel karena selama ini kami menggunakan fasilitas laboratorium yang ada di Surabaya, kendala ini telah kami sampaikan kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah,” kata Achmad Rois, Senin 27 April 2020.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar dan Insan Pers Bagikan Takjil dan Buka Puasa Bersama

Katanya, Dinas Kesehatan Provinsi telah melakukan koordinasi dengan BBTKLPP Banjarbaru dan hasil koordinasi berjalan lancar sesuai harapan. BBTKLPP Banjarbaru pun siap memeriksa sampel yang nantinya akan dikirim oleh Rumah Sakit Sultan Imanuddin Pangkalan Bun.

“Dengan adanya signal baik dari BBTKLPP Banjarbaru maka kami tinggal meyiapkan sarana dan prasarananya untuk kelancaran pengiriman swab sampel ke Banjarbaru,” ungkap Achmad Rois.

BACA JUGA:   Pj Bupati Buka Ramadan Cup Mini Soccer R88 Bersama Siwo PWI Kobar

Saat ini kata Ahmad Rois, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kobar tengah melakukan pengambilan swab sampel terhadap semua eks rombongan jemaah tabligh Gowa, Sulawesi Selatan bersama orang-orang terdekatnya. Karena terkendala transportasi, pada gelombang pertama baru dilakukan pengambilan swab sampel terhadap 27 orang klaster Gowa. (Man/beritasampit.co.id).