Selama Tahun 2019, Pemkab Katingan Raih Beragam Prestasi dan Penghargaan

KAWIT/BERITA SAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas usai rapat paripurna ke I masa persidangan III. Senin. 11 Mei 2020.

KASONGAN – Berkat kerjasama dari semua pihak dan komitmen bersama dalam membangun Kabupaten Katingan, pada tahun 2019 Kabupaten Katingan meraih beberapa prestasi dan penghargaan yang membanggakan baik di tingkat Provinsi dan Nasional.

Demikian disampaikan Bupati Katingan Sakariyas, saat menyampaikan pidato pengantar dalam rangka penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) tahun anggaran 2019, pada rapat Paripurna ke 1 masa persidangan III DPRD Katingan, Senin 11 Mei 2020.

Prestasi dan penghargaan yang membanggakan baik di tingkat Provinsi dan Nasional, menurutnya antara lain Kabupaten Katingan, Kabupaten pertama di Kalimantan Tengah yang berhasil menyelesaikan penataan batas wilayah administrasi antara Kabupaten/Kota yang berbatasan.

BACA JUGA:   Sakariyas Pastikan Siap Kembali Bertarung di Pilkada Katingan

“Penganugerahaan lencana emas Adi Bakti Tani Nelayan Pratama dari kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) tahun 2019,” terang Bupati Katingan Sakariyas, saat menyampaikan pidato.

Kemudian, menurutnya Kabupaten Katingan juga mendapat penghargaan dalam mencapai Universal Health Coverage (UHC) atau cakupan kesehatan semesta Provinsi Kalimantan Tengah dengan mendaftarkan penduduknya menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang kepesertaannya seluruh penduduk Katingan.

Tidak hanya itu, Kabupaten Katingan mendapat penghargaan Pastika Parahita oleh Kementerian Kesehatan RI yang telah menetapkan kawasan rokok di Kabupaten Katingan.

Dan yang lainnya, yaitu memperoleh predikat Kabupaten Layak Anak yang diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada acara puncak hari Anak Nasional di Makasar.

BACA JUGA:   718 PPPK Dilantik dan Dikukuhkan, Bupati Katingan Berpesan Ciptakan Suasana Kerja yang Kondusif

Memperoleh penghargaan dari Ombudsman RI pada survey atas penilaiab tingkat kepatuhan terhadap pelayanan publik tahun 2019 berada di zona hijau memperoleh nilai 83,27 persen (keluar dari zona merah sebelumnya).

“Pemerintah Kabupaten Katingan juga memperoleh opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI tahun 2019 atas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Katingan tahun 2018. Dan penghargaan dari kementerian dalan negeri innovative government award dengan predikat kabupateb sangat inovatif tahun 2019,” pungkasnya.

(Annas/beritasampit.co.id)