Ditengah Wabah Covid-19, Stock Darah di PMI Kobar Aman dan Tercukupi

RISA/BERITASAMPIT- Kepala UTD PMI cabang Kobar Dr. Abimayu saat di wawancarai.

PANGKALAN BUN– Ditengah Wabah Covid-19 ini, UTD PMI cabang Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) memastikan Stok darah yang ada saat ini masih aman dan tercukupi.

Karena tingginya antusiasme warga Kobar yang mendonor, membuat stok darah di UTD PMI Cabang Kobar aman, PMI cabang kobar menggalangkan program untuk menarik para pendonor, yakni bekerjasama dengan TNI, Korps Relawan PMI di kampus, dan jaringan hingga RT/RW.

Kepala UTD PMI cabang Kobar dr Abimayu, saat di jumpai, Selasa 12 Mei 2020 mengatakan, berdasarkan dengan rumus WHO 2% dari jumlah penduduk di Kobar, PMI cabang Kobar menyiapkan 500 kantong darah dalam 1 bulan.

BACA JUGA:   Satpol PP Palangka Raya Siap Amankan Hari Paskah Nasional 2024

“Selama ini kebutuhan darah masih dapat di siapkan oleh pmi kobar, dalam artian perhari nya  setiap golongan darah minimal berkisar 15-20 kantong darah, akan tetapi ada beberapa golongan darah yang kurang, yakni golongan AB walaupun tidak dalam masa wabah covid-19 dan bulan ramadhan golongan darah AB selalu mengalami kekurangan,” ucap dr Abimayu.

dr Abimayu juga menambahkan, PMI Kobar saat ini melakukan strategi, yakni setiap orang yang mendonorkan darahnya dapat membawa teman yang bergolongan darah sama ataupun yang berbeda, hal ini dilakukan agar dapat tetap menjaga stock darah yang berada di UTD PMI kobar tersebut.

BACA JUGA:   Survei Indopol: Calon Bupati Kobar 2024 Rakhman Ebol Bersaing Ketat dengan Petahana

10 hari sebelum lebaran, PMI Kobar akan menyiapkan bingkisan bagi masyarakat yang mendonorkan darahnya, dan kedepanya akan selalu menyediakan darah dengan cara menghubungi langsung orang yang bergolongan darah tertentu untuk mendonorkan darahnya.

(Risa/beritasampit.co.id)