Kadis Sosial : Alhamdullilah BST Tersalurkan Lancar

Man/BERITA SAMPIT - Kadis Sosial Kabupaten Kobar Ir. H. Akhmad Yadi.

PANGKALAN BUN – Kepala Dinas SosiaKabupaten Kobar Ir. H. Akhmad Yadi.MM mengatakan Bantuan Sosial Tunai (BST), sebagian besar sudah tersalurkan sebelum Hari Raya Indul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah.

“Alhamdullilah, dana bantuan sosial tunai sebagian besar sudah tersalurkan lancar dan tidak ada kendala,” kata Akhmad Yadi.MM, saat dikonfirmasi beritasampit.co.id melalui telepon seluler Minggu 24 Mei 2020.

Menurutnya, bantuan Sosial Tunai (BST). BST ini merupakan salah satu program jaminan pengaman sosial dari pemerintah pusat yang diberikan untuk membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

“Jadi saya,telah mengusahakan BST sebelum hari raya idul fitri 1 Syawal 1441 Hijriah bisa diterima langsung oleh masyarakat yang berhak menerimanya,” ujar Akhmad Yadi.

BACA JUGA:   Polsek Ketapang Imbau Warga Waspada Terhadap Aksi Kriminal Jelang Lebaran

Jumlah BST untuk Kabupaten Kobar yang ditargetkan oleh pemerintah pusat, berjumlah 6.165 keluarga penerima manfaat (KPM). Bantuan ini diberikan selama kurun waktu 3 bulan terhitung sejak bulan April, Mei dan Juni 2020.

“Daftar penerima manfaat diutamakan adalah data kelompok miskin yang masuk di data Kemensos kemudian sisanya bisa disertakan pembaruan data dari pemerintah daerah dengan memperhatikan keakuratan data agar tak terjadi data tumpang tindih,“ imbuh Yadi.

Hal ini, lanjut Yadi dikarenakan beberapa jenis bantuan dari pemerintah, seperti PKH dimana di Kobar terdapat 3.400 KPM. Selain bantuan dari pemerintah pusat, Pemkab Kobar juga telah memberikan bantuan sosial sebanyak 8.992 paket untuk KPM diseluruh desa dan kelurahan.

BACA JUGA:   Buka Forum Perangkat Daerah, Edy Pratowo Berharap Tercipta Ide dan Gagasan untuk Kalteng

“Bantuan sosial ini disalurkan melalui rekening BRI, BNI, Mandiri dan POS. Khusus Pos, melaksanakan dengan 3 metode yaitu diantar door to door, diambil dengan datang langsung ke Kantor Pos atau pengambilan dalam 1 kelompok,” ujar Yadi.

Dijelaskan Yadi, seluruh kegiatan pembayaran BST, Dinsos telah mengimbau pula kepada dinas terkait, seperti Kantor POS Indonesia dan sejumlah perbankan yang ditunjuk agar selalu menaati protokol kesehatan. Hal ini untuk menjaga dan mewaspadai agar semua pelaku terhindar dari virus corona.

(man/beritasampit.co.id).