Buka Forum Perangkat Daerah, Edy Pratowo Berharap Tercipta Ide dan Gagasan untuk Kalteng

IST/BERITASAMPIT - Para perserta forum perangkat desa daerah Kalteng.

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Edy Pratowo membuka Forum Perangkat Daerah Kalimantan Tengah tahun 2024, yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kalteng, di Aula Bappedalitbang Kalteng, Senin 25 Maret 2024.

Edy Pratowo dalam sambutannya mengatakan forum perangkat daerah ini adalah rangkaian dari tahapan perencanaan yang merupakan forum sinkronisasi pelaksanaan urusan pemerintahan daerah untuk merumuskan program dan kegiatan sesuai dengan tugas Perangkat Daerah provinsi dan kabupaten/kota.

“Hasil forum perangkat daerah ini selanjutnya akan digunakan untuk penyempurnaan rancangan Renja Perangkat Daerah Provinsi Tahun 2025 dan penyempurnaan rancangan awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Provinsi,” kata Edy Pratowo.

BACA JUGA:   GPPI Sebut Sebagian Perusahaan Perkebunan Telah Memberikan THR Lebih Awal

“Rancangan RKPD Provinsi sebagai bahan klarifikasi dalam Musrenbang Provinsi, yang direncanakan pada tanggal 18 April 2024,” sambung Edy Pratowo.

Edy mengatakan penyusunan RKPD tahun 2025 mengacu pada dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kalteng Tahun 2021-2026 dan mempedomani rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2025 yang mengusung tema untuk wilayah Kalimantan “Superhub Ekonomi Nusantara”.

“Sedangkan untuk Kalteng sendiri mengusung tema Lumbung Pangan Nasional dan Pusat Konservasi Internasional, dimana peran provinsi dalam pencapaian jangka panjang wilayah untuk mengurangi kesenjangan dilaksanakan melalui transformasi,” ungkap Edy Pratowo.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Salurkan Bantuan Beras kepada Warga Kobar

“Tema dan arah kebijakan ini sebagai acuan untuk memberikan panduan kepada pemerintah daerah dan menjaga kesinambungan pembangunan antar perencanaan kabupaten/kota, provinsi dan nasional,” lanjut Edy Pratowo.

Lebih lanjut, Edy Pratowo menjelaskan kinerja pembangunan provinsi tersebut merupakan agregasi dan target kinerja pembangunan kabupaten/kota se-Kalteng.

“Untuk mencapai target diperlukan upaya dan kerja keras kita semua dengan dukungan pemerintah kabupaten/kota se Kalteng, melalui sinergisitas, sinkronisasi dan harmonisasi program kegiatan pembangunan provinsi, kabupaten/kota baik dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan maupun pengendaliannya,” pungkas Edy Pratowo.

(Sya’ban)