Hadapi New Normal, Ini 3 Hal Penekanan Kapolda Kalteng Untuk Polres

WAWANCARA : RISA/BERITA SAMPIT - Koordinator Perwira Pengamat Wilayah IV Kalimantan Tengah, AKBP Eka Djunaedi saat diwawancara di halaman Mako Polres Kobar.

PANGKALAN BUN – Dalam Rangka menghadapi New Normal Covid-19, Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Koordinator Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) IV Kalteng AKBP Eka Djunaedi, mengunjungi Markas Komando Polres Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Senin 8 Juni 2020.

Kunjungannya ke Polres Kobar yakni menyampaikan hal-hal apa saja yang menjadi penekanan Kapolda Kalteng terkait bagaimana menghadapi New Normal Covid-19.

AKBP Eka Djunaedi yang didampingi Kapolres Kobar AKBP E Dharma Bahagia Ginting mengatakan, ada 3 hal yang menjadi penekanan Kapolda Kalteng dalam menghadapi New Normal.

BACA JUGA:   Pengukuhan TGD Bisnis dan HAM Guna Meningkatkan P5HAM

“Yang pertama yakni pencegahan Karhutla. Tujuannya agar Kapolres cepat dan tanggap mengambil langkah dalam pencegahan dan meniminmalisasi kondisi Karhutla bila terjadi,” ucap AKBP Eka.

Ada beberapa langkah yang diupayakan dalam pecegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), yakni dengan patroli dan pengecekan di lapangan serta pendekatan pada tokoh masyarakat.

“Yang kedua, dalam rangka menghadapi Pilkada, yang rencananya akan digelar bulan Desember tahun 2020. Kapolres diminta atau dituntut untuk memantapkan sistem pengamanan Markas Komando (Mako). Diantaranya melaksanakan latihan dadakan, panggilan luar biasa atau alarm steeling,” jelasnya.

BACA JUGA:   Ini Giat Safari Ramadan 1445 H Kapolda Kalteng ke Kotawaringin Barat

AKBP Eka juga menambahkan, selain pemantapan sistem keamanan Mako, Kapolres juga diminta agar menyiapkan pengamanan kota. Penyiapan sistem tersebut diantaranya termasuk sistem dan langkah apa yang digunakan, sehingga pengamanan kota bisa berlangsung efektif dan efisien. (Risa/beritasampit.co.id).