Berani Ganggu Keamanan dan Ketertiban Pilkada Akan Berhadapan Dengan Pasukan Dalmas

IST/BERITA SAMPIT - Pleton Pasukan Dalmas Awal Polresta Palangka Raya saat melakukan latihan.

PALANGKA RAYA – Sebagai bentuk upaya dini mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang rencananya digelar Desember 2020 ini Polresta Palangka Raya membentuk Pleton Pasukan Dalmas Awal.

Pasukan tersebut terdiri dari 30 personel pilihan dari instansi kepolisian. Pasukan ini memiliki kemampuan dan keterampilan dalam pengendalian massa.

Pengendalian Massa (Dalmas) merupakan kemampuan dasar anggota Polri dalam upaya pengamanan pada kegiatan unjuk rasa maupun kegiatan masyarakat yang memiliki eskalasi (pertambahan jumlah massa).

BACA JUGA:   Pernyataan Sikap BKMP se-Kalimantan Terkait Kondisi Papua

Di bawah komando Kasat Sabhara Polresta Palangka Raya, Kompol F Sukarinaldo pasukan tersebut melakukan latihan di lapangan Mapolresta Palangka Raya, Jalan Tjilik Riwut, Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kamis 11 Juni 2020.

“Beberapa materi kami latihkan kepada pasukan tersebut, seperti gerakan atau sikap dasar, formasi hingga penggunaan peralatan dalam Dalmas awal, yakni berupa tali Dalmas,” ujar Kompol F Sukarinaldo.

BACA JUGA:   Kian Mesra, Apakah Pertanda Ketum PBSI Kota Bakal Dampingi Fairid Naparin di Pilwilkot Palangka Raya?

Katanya, walaupun di tengah wabah Covid-19 saat ini, Polri akan selalu siap menunaikan tugas yang diberikan oleh negara, selaku aparatur penegak hukum serta pelindung, pengayom dan pelayan bagi masyarakat.

Demi mencegah penularan Virus Corona, pasukan tersebut berlatih dengan menerapkan anjuran protokol kesehatan tentang Covid-19, yakni wajib mengunakan masker dan membersihkan diri selesai pelaksanaan latihan. (Hardi/beritasampit.co.id).