Waspada Pergantian Musim, Lamandau Berpotensi Angin Kencang dan Petir

IST/BERITA SAMPIT - Dokumen analisis curah hujan BMKG Iskandar Pangkalan Bun.

NANGA BULIK – Perkiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Iskandar, Kotawaringin Barat, memperingatkan untuk cuaca di daerah Kabupaten Lamandau memasuki pergantian musim bisa berpotensi angin kencang dan petir dengan curah hujan tinggi.

“Itu diakibatkan ‘sirkulasi eddy’ di daerah Kalbar (Kalimantan Barat) yang mempunyai intensitas hujan tinggi karena memasuki pergantian musim disertai angin kencang dan petir,” ucap Rangga Foscaster atau Prakirawan BMKG Iskandar Pangkalan Bun, Selasa 30 Juni 2020.

BACA JUGA:   Pendidikan Tanggung Jawab Bersama, Dewan Minta Tidak Memojokkan Guru

Dia menerangkan, Sirkulasi eddy adalah sirkulasi di atmosfer berupa pusaran angin dengan durasi harian, dan biasanya jika suatu daerah terdapat eddy maka cenderung akan turun banyak hujan dimana sekarang terjadi di wilayah Kecamatan Batang Kawa, Kabupaten Lamandau.

“Untuk perkiraan cuaca sekarang ini diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang di daerah Nanga Bulik dan Menthobi Raya dari pukul 17.00 WIB, hingga pukul 20.00 WIB,” ungkapnya.

Rangga juga mengungkapkan, kemungkinan hujan akan meluas dan terjadi di wilayah Bulik Timur dan Utara, Delang, dan sejumlah wilayah lainya, dan akan terjadi hingga tiga hari ke depan selama pergantian musim.

BACA JUGA:   Warga Sediakan Jasa Penyeberangan di Jalan Putus Akibat Banjir

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada potensi petir di daratan tinggi dan angin kencang selama pergantian musim menuju kemarau. “Kami harap masyarakat selalu waspada terhadap potensi bahaya sekitar, yaitu pohon tumbang dan tanah longsor,” tuturnya. (Andre/beritasampit.co.id).