Pasien Sembuh Covid-19 di Kalteng Terus Meningkat

IST/BERITA SAMPIT - BERITA SAMPIT - Peta data penyebaran Covid-19 di Kalteng, Jumat 17 Juli 2020.

PALANGKA RAYA – Pandemi Covid-19 telah terjadi selama 4 bulan dan telah menimbulkan dampak pada berbagai aktivitas kehidupan. Oleh karena itu, semua pihak diharapkan bersama-sama disiplin terapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari, sehingga resiko terpapar Covid-19 semakin bisa ditekan dan pemulihan kesehatan masyarakat, juga pemulihan ekonomi dapat membaik kembali.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) yang dipimpin Sugianto Sabran, melalui Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Jumat 17 Juli 2020 menyampaikan rilis, bahwa tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Kalteng semakin meningkat. Sampai pukul 15.00 WIB pasien sembuh sebanyak 834 orang atau tingkat kesembuhannya 63,3 persen.

Untuk hari ini sampai pukul 15.00 WIB pasien sembuh mengalami penambahan sebanyak 23 orang, yaitu di Kota Palangka Raya 6 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 12 orang, Kotawaringin Timur 1 orang, dan Barito Selatan 4 orang, sehingga dari semula 811 orang menjadi 834 orang dinyatakan sembuh.

BACA JUGA:   Satpol PP Palangka Raya Siap Amankan Hari Paskah Nasional 2024

Dengan semakin meningkatnya kesembuhan maka Gugus Tugas meyakini bahwa Covid-19 semakin cepat bisa diakhiri dari Kalteng. Walau memang 13 kabupaten dan 1 kota di Kalteng sudah sudah terdampak.

Namun, Kabupaten Sukamara sudah menjadi zona hijau karena tidak ada kasus, Kabupaten Lamandau sudah tidak ada kasus aktif selama 28 hari terakhir sehingga secara kriteria sudah dapat katakan zona hijau, tetapi berdasarkan rilis Gugus Tugas Pusat masih dikategorikan zona kuning. Sedangkan Kabupaten Seruyan sudah tidak ada kasus aktif tetapi belum mencapai 28 hari sehingga belum dikategorikan zona hijau.

Sementara itu, kasus konfirmasi positif ada penambahan sebanyak 20 orang, yaitu di Palangka Raya 12 orang, di Kabupaten Kotawaringin Barat 5 orang, dan Pulang Pisau 3 orang, sehingga dari semula sebanyak 1.297 orang menjadi 1.317 orang.

BACA JUGA:   Kadishut Kalteng: Serah Terima Jabatan, Momen  Mendorong Kelancaran dalam Tugas Pegawai

Kasus suspek, ada penambahan sebanyak 33 orang, sehingga dari semula 364 orang menjadi 397 orang. Kasus probable, tidak ada kasus, atau 0 orang. Jumlah pasien dalam perawatan, ada penurunan sebanyak 3 orang, sehingga dari semula 413 orang menjadi 410 orang, dan kasus meninggal, tidak ada perubahan, yaitu tetap sebanyak 73 orang. Tingkat kematiannya (CFR) 5,54 persen.

Tiada henti-hentinya Gubenur Kalteng, Sugianto Sabran menyampaikan kepada seluruh masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah sehingga bisa terhindar dari resiko terpapar Covid-19. “Ayo, bersama kita pasti bisa mengakhiri corona,” pungkasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).