Masyarakat Harus Mampu Berinteraksi dan Beradaptasi Dengan Teknologi

WEBINAR : IST/BERITA SAMPIT - Sekretaris Daerah Katingan Nikodemus, saat mengikuti kegiatan Webinar Bincang Transformasi Digital, secara virtual di ruang rapat Wakil Bupati Katingan, Rabu 12 Agustus 2020.

KASONGAN – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Katingan Drs Nikodemos, didampingi Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Katingan Kapuas Rajab, Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Katingan Lusen, mengikuti kegiatan Webinar Bincang Transformasi Digital, di ruang rapat Wakil Bupati Katingan, secara virtual, Rabu 12 Agustus 2020.

Webinar Bincang Transformasi yang juga diikuti Seluruh Pemerintah Daerah se-Indonesia tersebut mengambil tema, ‘Transformasi Digital Bukan Pilihan, tapi Keharusan’.

Saat memimpin kegiatan, Wakil Menteri Keuangan (WamenKeu) Republik Indonesia (RI) Suahasil Nazara mengatakan, bahwa wabah atau pandemi Covid-19 di Indonesia terutama di semua daerah dapat mendorong terjadinya percepatan transformasi digital. Pasalnya, karena dapat memberikan perspektif lain dalam cara kita bekerja dan beraktivitas.

BACA JUGA:   Sekda Katingan Didampingi Ketua TP PKK Katingan Hadiri Rapat Koordinasi Bersama Mendagri

Meski sebelum terjadinya pandemi Covid-19, pemerintah telah berupaya mewujudkan transformasi digital. Namun, dari segi pelaksanaannya belum bisa sepenuhnya dilakukan secara maksimal. Karena masih terbiasa dengan cara kerja kita yang lama .

“Hal inilah membuat transformasi digital diharuskan, sehingga masyarakat dipaksa untuk mampu berinteraksi bahkan beradaptasi dengan teknologi,” jelasnya.

Dengan demikian, menurutnya, banyak persiapan yang harus dilakukan dalam transformasi digital, terutama terkait tata kelola dalam hal menyiapkan rapat secara virtual, pertemuan-pertemuan secara virtual dan aturan baru yang menjaga supaya data pribadi seseorang bahkan data kerahasiaan pekerjaan tetap terjamin.

BACA JUGA:   Ini Rute Perjalanan Jelajah Wisata Konservasi Katingan

“Maka hal seperti ini nantinya akan tetap menghasilkan tata kerjanya lebih efektif dan efisien dari sebelumnya. Sebab, transformasi digital birokrasi bisa mendorong produktivitas dan kerahasian pekerjaan kita tetap terjamin,” terangnya. (Annas/beritasampit.co.id).