Ini Akumulasi Perkembangan Data Covid-19 di Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Peta Penyebaran Covid-19 di Kalteng

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah menyampaikan jumlah akumulasi data sampai dengan hari ini Kamis, 13 Agustus 2020, pasien konfirmasi positif Covid-19 di Kalimantan Tengah bertambah sebanyak 16 orang dengan total kasus mencapai 2.116 orang, pasien dinyatakan sembuh sebanyak 35 orang dan pasien dinyatakan meninggal dunia sebanyak 99 orang atau dengan tingkat kematian Case Fatality Rate (CFR) 4,7 persen.

Data ini menunjukkan kepada kita semua bahwa sejak tanggal 12 Maret 2020 dimana kasus pertama kali yang terkonfirmasi positif Covid-19 sampai dengan saat ini, penambahan kasus konfirmasi baru selalu terjadi setiap hari di Kalimantan Tengah. Hal ini berpotensi terus terjadi jika masyarakat tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

“Diharapkan kepada seluruh masyarakat Kalimantan Tengah melihat kenyataan penyebaran Covid-19 dan tidak ada lagi yang berpikir bahwa ini merupakan sebuah konspirasi dan meminta dukungan seluruh elemen masyarakat untuk terus mensosialisasikan ancaman Covid-19 sehingga seluruh masyarakat dapat menyadari ancaman Covid-19 dan secara sadar disiplin menerapkan protokol kesehatan sebagai suatu bentuk adaptasi kebiasaan baru dalam aktivitas sehari-hari,” kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

BACA JUGA:   Riban Dikabarkan Merapat ke Ben-Ujang

Disampaikan perkembangan data Covid-19 yang kami himpun akumulasinya pada 13 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB. Untuk kabupaten dan kota zona terdampak, sebanyak 13 kabupaten dan 1 kota sudah terdampak, tetapi Kabupaten Sukamara sudah menjadi zona hijau karena tidak ada kasus. Selain itu, Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Gunung Mas sudah tidak ada kasus aktif tetap belum termasuk zona hijau.

Kasus konfirmasi, ada penambahan sebanyak 16 orang, yaitu di Palangka Raya 7 orang, di Kobar 4 orang, di Kotim 2 orang, di Kapuas 1 orang, di Katingan 1 orang, dan di Pulang Pisau 1 orang, sehingga dari semula sebanyak 2.100 orang menjadi 2.116 orang. Sembuh, ada penambahan sebanyak 35 orang, yaitu di Palangka Raya 6 orang, di Kobar 3 orang, di Kapuas 5 orang, di Pulang Pisau 2 orang, dan di Barsel 19 orang, sehingga dari semula 1.531 orang menjadi 1.566 orang.

BACA JUGA:   PWI Seruyan dan Karang Taruna Galang Dana untuk Korban Banjir

Kasus Suspek, ada penambahan sebanyak 43 orang, sehingga dari semula 283 orang menjadi 326 orang. Kasus Probable, tidak ada perubahan, sehingga tetap sebanyak 31 orang. Dalam Perawatan, ada penurunan sebanyak 19 orang, sehingga dari semula 470 orang menjadi 451 orang. Meninggal, tidak ada perubahan, sehingga tetap sebanyak 99 orang. Tingkat kematiannya (CFR) 4,7persen.

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kalimantan Tengah agar tetap selalu mematuhi protokol kesehatan serta memutus mata rantai sebaran Covid-19. Bagi warga yang belum sadar terhadap protokol kesehatan, Ayo kita memulai menggunakan masker, jaga jarak serta cuci tangan, agar Covid-19 ini segera berahir di Kalimantan Tengah dan seluruhnya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)