BI Kalteng Siapkan Uang Tunai Rp 1,9 Triliun pada Bulan Ramadhan dan Idulfitri

IST/BERITA SAMPIT - Peluncuran mobil Layanan Kas Keliling oleh Bank BI Kalteng.

PALANGKA RAYA – Kepala Kantor Perwakilan BI Kalteng, Taufik Saleh mengatakan, bahwa bank BI Kalteng menyiapkan uang tunai sebesar Rp 1,9 triliun, hal ini yakni upaya dalam mempersiapkan memasuki bulan suci ramadhan dan juga pada mendekati idulfitri, karena kebutuhan masyarakat akan uang itu tentunya akan mengalami peningkatan terutama untuk transaksi dan berbagai pemenuhan kebutuhan di bulan ramadan maupun idulfitri.

“Tentunya sebagian masyarakat yang menerima tunjangan hari raya dan tentunya dimanfaatkan untuk mensyukuri bulan ramadan dan idulfitri, jadi kebutuhan uang tunai untuk bertransaksi mengalami peningkatan,” ucapnya Selasa 19 Maret 2024.

Maka dari itu Bank Indonesia bersama seluruh perbankan di Kalimantan Tengah, mengupayakan agar kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi tidak hanya kebutuhan memegang uang tunainya tapi nanti pada saat bertransaksi maupun berada di wilayah-wilayah yang jauh dari bank.

BACA JUGA:   Diskominfosantik Kalteng Gelar Media Gathering-Buka Puasa Bersama Insan Pers 

“Selain itu masyarakat juga, terpenuhi terhadap uang tunai, kami menghimbau seluruh atm bank-bank juga dalam kondisi yang siap untuk keperluan penarikan-penarikan dalam bentuk tunai saat momentum menjelang idulfitri nanti, mungkin saat itu akan ada kelihatan peningkatan, “tambahnya.

Terkait untuk penukaran dilakukan melalui layanan penukaran reguler berupa kas keliling  retail di pusat keramaian, layanan kas keliling tematik berupa kas keliling susur sungai, dan layanan BI peduli mudik berupa penukaran  di rest area.

“Pelaksanaan Kas Keliling BI bersama perbankan, sebut Taufik. Membuka layanan di 9 titik yang tersebar di seluruh wilayah Kalteng serta 1 unit layanan kas mobil BI. Kas titipan sendiri yakni di Buntok, Lamandau, Muara Teweh, Pangkalan Bun, Sampit, ” lanjutnya

BACA JUGA:   Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Kalteng Malang Raya Dikukuhkan

Sedangkan di Palangka Raya yakni di Bundaran Besar, Pasar Wadai Ais Nasution, Pasar Wadai UPR, Pasar Wadai Kecubung, Rest area trans Kalimantan arah Kalampangan.

“BI Kalteng bersama perbankan di Kalteng mengupayakan agar perputaran uang masyarakat bisa terpenuhi. Tidak hanya kebutuhan memegang uang tunainya, akan tetapi nanti pada saat bertransaksi maupun masyarakat bisa terpenuhi kebutuhannya untuk uang tunai saat berada di wilayah yang jauh dari bank,” ungkapnya.(yud)