Jokowi Sebut Pertumbuhan Ekonomi 2021 Diprediksi 5,5 Persen, PKS DPR: Buktikan!

Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini. Dok: Istimewa

JAKARTA— Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini mengapresiasi pidato Presiden Jokowi yang optimis melihat ekonomi 2021 di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Dalam pidato saat Sidang Tahunan MPR RI itu pemerintah mematok target pertumbuhan ekonomi di tahun 2021 sebesar 4,5 – 5,5 persen.

Namun, Jazuli mengatakan optimisme Jokowi itu mestinya didukung oleh realitas kinerja pemerintah khususnya menteri tim ekonomi dalam menumbuhkan perekonomi negara dan ekonomi masyarakat.

BACA JUGA:   Prabowo-Gibran Resmi Menang Pilpres 2024

“Saya melihat target ini sangat optimis di tengah kondisi dan basis dasar pencapaian pertumbuhan di tahun 2020 yang hanya berkisar -1% sampai 0,2%.  Itu artinya tekanan sangat dalam bahkan di ambang resesi,” ujar Jazuli, Jumat, (14/8/2020).

Untuk itu, Jazuli berharap pemerintah harusnya punya strategi jitu mengejar target pertumbuhan tersebut. Butuh kebijakan ekstra untuk mengakselerasinya.

Selain itu, Jazuli juga mengingatkan pentingnya kerja keras pemerintah dengan target pertumbuhan yang disampaikann. Apalagi serapan anggaran 2020 sangat lambat, karena belanja pemulihan ekonomi secara keseluruhan baru 22 persen, juga stimulus untuk UMKM baru 26,4 persen.

BACA JUGA:   Gerindra Usulkan Menteri dari Kalimantan Tengah

“Jangan sampai Presiden dan Pemerintah termakan janjinya sendiri. Artinya, pemerintah harus membuktikan dengan kerja keras dan kerja cepat yang nyata, bukan sekadar angka di atas kertas. Rakyat butuh bukti nyata,” pungkas Jazuli.

(dis/beritasampit.co.id)