HUT RI ke-75, Megawati Kenang Konflik Ambon Maluku

Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputri. Dok: Istimewa

JAKARTA— Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri menceritakan pengalaman yang tak terlupakan saat momen Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Mega menceritakan pengalamannya saat tinggal di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) kala terjadi konflik yang melibatkan agama di Ambon Maluku beberapa tahun silam.

Cerita Megawati itu ditayangkan secara langsung dalam Wawancara Eksklusif 75 Tahun Indonesia Merdeka melalui Youtube Sekretariat Presiden, Senin, (17/8/2020).

“Yang sangat tidak pernah terlupakan saya yakni terjadi konflik di Maluku. Oleh bagian keamanan, saya tidak diizinkan untuk tinggal di daratan, kami memutuskan. Maksud saya dengan Panglima TNI dengan bagian keamanan lainnya untuk tinggal di kapal perang,” tutur Megawati.

BACA JUGA:   SMSI Serukan Perangi Hoax

Megawati bilang selama 14 hari menggunakan kapal perang sebagai tempat tinggalnya.

“Ternyata tangga kapal perang itu tidak seperti kapal penumpang lainnya. Tangganya itu tegak lurus, jadi bayangkan saya sebagai perempuan. Kalau mau naik turun saya harus mempergunakan tangga yang tegak lurus itu,” imbuhnya.

Mesti demikian, momen HUT RI ke-75 tahun di tengah Pandemi Covid-19, Mega berharap kepada seluruh masyarakat Indonesia harus bisa menyelaraskan kehidupan masing-masing.

BACA JUGA:   Temui KAHMI, Bamsoet: Pancasila Benteng Ideologi Hadapi Tantangan Kebangsaan

Artinya, menurut Mega, jangan berpikir terlalu berat, karena segala sesuatu harus dimenej dengan baik. Hiduplah sesuai dengan apa yang telah didapatkan.

“Saya yakin, Allah SWT selalu memberi takdir, nasib kepada setiap manusia. Maka sebaiknya kita apalagi generasi muda kita musti mempunyai keyakinan dan harus punya harapan. Itu yang harus diutamakan menurut saya,” pungkas Megawati Soekarnoputri.

(dis/beritasampit.co.id)