Disdukcapil Diminta Terus Maksimalkan Pelayanan

IST/BERITA SAMPIT - Muhammad Efendi

KASONGAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) diminta terus memaksimalkan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk). Demikian diungkapkan Muhammad Efendi, hal itu disampaikan karena menurutnya masih banyak warga yang belum mengurus administrasi kependudukan terutama didaerah pelosok yang terbentur dengan kendala jarak.

“Kita dorong jemput bola, karena informasinya hingga saat ini masih banyak warga kita yang belum mengurus administrasi kependudukan, seperti KTP, kartu keluarga dan lainnya, khususnya mereka yang tinggal di pelosok,” ungkap Anggota DPRD asal Partai Demortat ni, Rabu 26 Agustus 2020.

BACA JUGA:   Kantor Baru Golkar Katingan Ditargetkan Selesai Tahun 2021

Legislator asal Dapil III ini mengungkapkan, masalah Adminduk dinilai sangat penting bagi masyarakat untuk berbagai keperluan, termasuk menjadi syarat wajib untuk berbagai urusan seperti dalam mengurus jaminan sosial atupun persoalan administrasi lainnya.

“Disdukcapil harus melakukan jemput bola sehingga pelayanan semakin lancar, sampai ke kecamatan-kecamatan, bahkan desa-desa di kawasan pelosok, dan kami mengharapkan kesadaran dan minat masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukannya,” bebernya.

BACA JUGA:   Dewan Ingatkan Peningkatan SDM Penting

Dirinya juga mengatakan di daerah masih banyak masyarakat beranggapan bahwa mengurus Adminduk adalah hal yang sulit. Hal itu dinilai membuat tidak sedikit warga yang memilih jalan pintas dengan mengurus Adminduk melalui calo.

“Anggapan itu harusnya dihilangkan dengan melakukan jemput bola, sehingga masyarakat bisa dengan mudah mengurus administrasi kependudukan, apalagi kita ingat ada Kepentingan BPJS Tenaga Kerja yang mana induk kepengurusan harusnya menggunakan KTP dan lainnya,” tutupnya.

(Kawit/beritasampit.co.id).