Semua Rute Penerbangan Kembali Normal, Aktivitas Penumpang Bandara Iskandar Alami Kenaikan

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun, Zuber.

PANGKALAN BUN – Dalam satu bulan lebih aktivitas angkutan penumpang melalui pesawat udara rute Surabaya, Semarang dan Jakarta mulai normal. Bahkan para penumpang pesawat semakin meningkat, semua maskapai penerbangan selalu penuh, dengan rute Pangkalan Bun – Surabaya, Semarang dan Jakarta (PP).

Hal tersebut disampaikan Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Iskandar Pangkalan Bun Zuber, Selasa 8 September 2020. “Semua rute penerbangan telah kembali normal, hal itu sesuai permintaan Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat kepada Kementrian Perhubungan, namun demikian protokol kesehatan tidak bisa ditawar, wajib harus dipenuhi,” katanya.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar dan Insan Pers Bagikan Takjil dan Buka Puasa Bersama

Setiap rute penerbangan, ungkap Zuber, rata-rata maskapai mengangkut penumpang antara 100 hingga 120 orang, pasalnya, jumlah kursi yang tersedia selalu penuh, untuk saat ini hanya rute ke Semarang yang dua kali penerbangan.

Zuber mengatakan juga, bahwa pergerakan penumpang pesawat di Bandara Iskandar Pangkalan Bun mengalami kenaikan. Untuk bulan Juli 2020 pergerakan penumpang yang datang sebanyak 4.125 orang dan yang pergi berjumlah 4.533 orang.

BACA JUGA:   Kepala KSOP Kelas IV Kumai Hary Suyanto Sebut Belum Ada Lonjakan Penumpang  di Pelabuhan Panglima Utar Kumai

Selain itu, untuk pergerakan pesawat di bulan Juli ada 63 kali pergerakan yang datang dan 63 kali pergerakan yang pergi, atau rata-rata kenaikan mencapai 91,64 %.

“Pada bulan Agustus 2020, untuk jumlah pergerakan penumpang yang datang sebanyak 6.222 orang dan yang pergi berjumlah 6.312 orang, atau rata-rata 79,04%, dan untuk pergerakan pesawat baik yang datang maupun pergi sebanyak 84 kali,” ungkap Zuber. (Man/beritasampit.co.id).