Percepat Tangani Covid-19, Habib Ismail Serahkan Dua Ventilator ke RSUD Muara Teweh

IST/BERITA SAMPIT - PLT Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya saat menyerahkan ventilator

BARITO UTARA – Terkait meningkatnya kasus angka positif covid-19 di Kabupaten Barito Utara menjadi perhatian tersendiri Satgas Covid-19 Kalteng. Masih tingginya angka di Covid-19 di Kabupaten Barito Utara memerlukan sinergi semua pihak, agar bisa mengurangi tingkat penyebaran, Selasa 29 September 2020.

Selain berupaya mengurangi angka penyebaran infeksi, tidak kalah pentingnya adalah meningkatkan angka kesembuhan dan menurunkan angka kematian. Angka kesembuhan dan angka kematian bisa diturunkan, jika fasilitas kesehatan, sumber daya manusia kesehatan dan peralatan medik sesuai dengan rasio pasien.

BACA JUGA:   Sudah Membuktikan Perolehan Suaranya, Syauqie Figur Kuat Maju di Pilgub Kalteng

Penyebab kematian terbanyak pada penderita covid-19 adalah gagalnya fungsi paru. Pada saat paru pasien covid-19 tidak bisa berfungsi dengan baik, diperlukan alat bantu nafas yakni ventilator. Sayangnya ventilator pada banyak rumah sakit sangat terbatas dan tidak seimbang dengan jumlah pasien.

Selama ini kebanyakan ventilator berada di ruangan ICU dan sulit dipindahkan, sehingga diperlukan ventilator portable yang mudah dimobilisasi. Sebagai upaya membantu ketersediaan ventilator di RSUD Muara Teweh, maka Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Satgas Covid-19, pada hari Selasa 29 Maret 2020 memberikan bantuan dua buah ventilator ke RSUD Muara Teweh.

BACA JUGA:   Disdik Kalteng Sampaikan Perkembangan Penyaluran Beasiswa TABE

“Saya berharap agar ventilator dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk membantu pasien covid-19 yang membutuhkan. Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara menyampaikan ucapan terimakasih setunggi-tingginya atas perhatian Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah,” kata PLT Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya.

Penyerahan bantuan dilakukan di ruang kerja PLT Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya, dan diterima secara langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara Siswandoyo, SKM, M Kes.

(Hardi/Beritasampit.co.id)