Pemprov Kalteng Komitmen Dalam Keterbukaan Informasi Kepada Masyarakat

IST/BERITA SAMPIT - Suasana kegiatan presentasi.

PALANGKA RAYA – Pelaksana Tugas Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Kalteng Lies Fahimah menghadiri kegiatan Presentasi Badan Publik Monitoring Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020 melalui video conference dari Gedung Smart Province (GSP) Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kalteng, Selasa 6 Oktober 2020.

Presentasi Monitoring Evaluasi Komisi Informasi merupakan tahapan akhir setelah tahapan kuesioner yang telah dilaksanakan oleh seluruh badan publik. Lies Fahimah dalam paparannya menyampaikan, bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng selalu berkomitmen dalam keterbukaan informasi kepada masyarakat. Keterbukaan informasi publik adalah hak masyarakat luas.

BACA JUGA:   Dinkes Seruyan Kerahkan Tim Kesehatan Layani Korban Banjir

“Kami juga telah membuat berbagai terobosan berupaya aplikasi-aplikasi yang medukung tentang perencanaan, pelayanan informasi, dan transparansi anggaran daerah. Sekarang juga di saat masa pandemi Covid-19 kita terus update siaran pers setiap hari agar masyarakat tahu tentang perkembangan data,” katanya.

Lies Fahimah juga berharap semoga Pemprov Kalteng dapat selalu meningkatkan layanan-layanan keterbukaan informasi publik yang diperlukan oleh masyarakat.

Tahapan Presentasi dilakukan untuk menilai komitmen dari pimpinan publik disuatu daerah dalam mendukung keterbukaan informasi publik tersebut. Adapun hasil dari monitoring dan evaluasi komisi informasi (KI) akan dikategorikan menjadi Informatif, menuju informatif, cukup informatif dan tidak informatif.

BACA JUGA:   Masyarakat Kalteng Antusias Jadi Relawan Sugianto-Edy

Tim penilai yaitu langsung dari Komisi Informasi pusat yang terdiri dari Wakil Ketua KI Pusat Hendra J Kede, Komisioner Bidang Advokasi, Sosialisasi dan edukasi, Komisi Informasi Pusat Wafa Patria Umma dan Toto Pranoto yang berasal dari akademisi serta pengamat Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Dalam kegiatan itu, turut hadir Pelaksana Tugas Kepala Dinas KominfoSantik Provinsi Kalteng Agus Siswadi serta beberapa Pejabat Eselon III dan IV di lingkup DiskominfoSantik Provinsi Kalteng. (Hardi/beritasampit.co.id).