Cegah Karhutla, BPBD Katingan Bentuk 875 Satgas Kebencanaan

SOSIALISASI : ANNAS/BERITASAMPIT - Para Narasumber saat menyampaikan paparan.

KASONGAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan gelar sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan khususnya di Kecamatan Katingan Hilir, selama dua hari yakni pada Selasa 20-21 Oktober 2020.

Kegiatan yang dibuka langsung Camat Katingan Hilir, Kariyadie tersebut dihadiri perwakilan Kapolsek Katingan Hilir, Koramil, BPBD, TNI/Polri, Kejaksaan Negeri Kasongan, Manggala Agni selaku narasumber kegiatan.

Sementara, peserta terdiri dari gabungan beberapa instansi vertikal dan keahlian, serta mengundang pihak swasta dan lembaga non pemerintah yakni Satgas kebencanaan desa, kelurahan, dan kecamatan.

Ketua Panitia, Andi Suraya, mengatakan kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan adalah sebagai pembinaan masyarakat terutama khususnya Satuan Tugas (Satgas) kebencanaan kelurahan /desa dengan melibatkan berbagai narasumber dari berbagai instansi dari berbagai instansi dan lembaga lainnya.

BACA JUGA:   Jelang Akhir Tahun, Jangan Ada Kegiatan Bermasalah dan Tidak Selesai

“Tujuan sosialisasi ini tentunya agar meningkatkan keterlibatan dan peran Satgas kebencanaan dalam kegiatan pencegahan kebakaran hutan dan lahan, meningkatkan kapasitas Satgas agar dapat bekerja dengan terkoordinasi, efektif dan efensien. Selain itu juga untuk meningkatkan kinerja serta daya dan hasil guna kegiatan relawan ataupun meningkatkan kerjasama antara pemangku kepentingan dalam pengurangan resiko bencana,” jelasnya.

SOSIALISASI : ANNAS/BERITASAMPIT – Foto bersama Peserta Satgas Kebencanaan dengan Kepala Pelaksana BPBD Katingan, Camat Katingan Hilir, dan Narasumber, di aula Kantor Camat Katingan Hilir, Senin 20 Oktober 2020.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Katingan. Eka Suryadilaga menambahkan, terkait pembentukan Satgas kebencanaan sudah ada sebanyak 875 Satgas yang terbentuk di 63 desa.

Jumlah ini tersebar di 9 kecamatan yaitu Katingan Kuala, Mendawai, Kamipang, Tasik Payawan, Katingan Hilir, Tewang Sangalang Garing, Pulau Malan, Katingan Tengah dan Sanaman Mantikei.

BACA JUGA:   Tahun 2021 di Katingan akan Dibangun Kantor Komando Distrik Militer Definitif

” Saya juga berharap kepada semua Camat, Kepala Desa /Lurah se Kabupaten Katingan serta Satgas Kebencanaan agar rutin melakukan pantauan di wilayah tugasnya masing-masing. Selain melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan, tentunya juga rutin memantau terjadinya musibah banjir akibat meluapnya air sungai katingan, karena curah hujan akhir-akhir ini sangat tinggi,” terangnya.

Sementara, Camat Katingan Hilir, Kariyadie, mengatakan menghimbau kepada semua Satgas kebencanaan desa, Kelurahan dan Kecamatan Katingan Hilir agar mengikuti kegiatan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan khususnya Kabupaten Katingan.

“Tentunya kegiatan ini bisa menambah wawasan, pengetahuan, dan apa saja langkah-langkah kita seandainya menghadapi musim kemarau nantinya. Sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan oleh semua Satgas kebencanaan,” singkatnya.

(Annas/beritasampit.co.id)