KPU Siapkan TPS Mobile

IST/BERITA SAMPIT - Ketua bidang Teknis Penyelenggara KPU Bartim, Satya Hedipuspita pimpin rapat koordinasi bersama perwakilan gugus tugas covid19 bartim dr. Teddy dan Banwaslu Bartim di ruang rapat KPU Bartim

TAMIYANG LAYANG- Ketua Bidang Teknis Penyelenggara Komisi Pemilihan Umum atau KPU Barito Timur, Satya Hedipuspita mengungkapkan, pihaknya bersama Gugus Tugas percepatan penanganan covid 19 setempat akan menyiapkan tempat pemungutan suara (TPS) berpindah atau TPS mobile.

TPS mobile tersebut, menurut dia, untuk memfasilitasi pasien covid-19 yang mampu mempergunakan hak pilih.

“Misalkan di tempat isolasi rumah susun ada pasien covid-19 di sana maka kami akan memerintahkan TPS mobile untuk ke rumah susun tersebut saat pemilu,” ungkap Satya usai melakukan rapat koordinasi bersama Gugus Tugas Covid-19, Bawaslu dan Desk Pilkada Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Selasa, 20 Oktober 2020.

BACA JUGA:   HARATI Siap Perjuangkan Akses Jalan Tembus Jalur Darat

Dia menjelaskan, meski dalam kondisi pandemi covid-19 namun KPU akan berusaha semaksimal mungkin agar setiap warga yang memiliki hak pilih dapat mempergunakan hak pilihnya pada Pilgub Kalteng 2020.

Namun, dia juga berharap penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut tidak menjadi klaster baru penularan covid-19 di daerah setempat. Karena itu, dia menegaskan, setiap tahapan Pilkada harus dilakukan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

BACA JUGA:   Ratusan Warga Seruyan Antusias Sambut Sugianto Sabran di Pasar Saik Kuala Pembuang

“Kami telah menyepakati bahwa kampanye dari setiap tim pemenangan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah wajib mengurus izin kampanye pada Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Barito Timur,” ungkap Satya.

Selain itu lanjut dia, menjelang pelaksanaan Pilgub Kalteng 2020, KPU juga akan meminta data penyebaran covid-19 dari Gugus Tugas Covid-19 Barito Timur serta melakukan rapid maupun swab test terhadap badan ad hoc pemilihan umum.

(Udek/Beritasampit.co.id)