Dalami Peternakan dan Pertanian di Dompu, Habib Ismail: Sektor Ini Mampu Menopang Ekonomi

PENINJAUAN : HAN/BERITA SAMPIT - Pelaksana Tugas Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya saat meninjau peternakan Kabupaten Dompu.

DOMPU – Pelaksana Tugas (PLT) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya hari ini, Selasa 27 Oktober 2020, silaturahmi dengan Pemerintah Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) di Pendopo Kabupaten Dompu. Tiba di Kantor Bupati Dompu sekitar pukul 08.25 WITA, Habib Ismail dan rombongan disambut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Dompu H. Muhibuddin dan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat.

Pada kesempatan tersebut, Habib Ismail mendengarkan pemaparan Program Pengembangan Pertanian Jagung dan Peternakan oleh Sekda Dompu Muhibuddin. “Saya ingin mengetahui bagaimana intervensi pemerintah dalam pengelolaan pertanian, termasuk pengembangan pertanian dan peternakan serta teknik tertentu yang diaplikasikan di Kabupaten Dompu,” kata Habib Ismail.

Habib merasa mendapat semangat baru, merasa mendapat motivasi untuk mempercepat akselerasi di Kalteng di bidang pertanian dan juga peternakan.

Menurutnya, pengelolaan pertanian dan peternakan yang baik dapat menopang ekonomi masyarakat. “Pertanian dan peternakan, andai kata dikelola dan dikembangkan dengan baik, maka akan mampu menopang ekonomi masyarakat,” ujar Habib Ismail.

Dijelaskannya, suatu hal yang luar biasa dari NTB yang memiliki 11 kabupaten dengan akses yang relatif sulit dan jarak tempuh bisa mencapai 9 jam dari Ibu kota provinsi, namun produk domestik regional brutonya tinggi, angka kemiskinannya turun dan pertumbuhan ekonominya naik.

BACA JUGA:   Plt Gubernur Kalteng : Penyaluran Bansos Sesuai Aturan

Hal ini, menurut Habib Ismail, merupakan salah satu bukti bahwa pertanian dan peternakan yang dikelola dengan baik dan semangat tinggi sangat menunjang pembangunan ekonomi di daerah.

Sementara itu, seusai acara silaturahmi di Pendopo Kabupaten Dompu, Habib Ismail dan rombongan meninjau lokasi Kelompok Tani Ternak Kelurahan Kandai 1, Kabupaten Dompu.

FOTO BERSAMA : SUBHAN/BERITA SAMPIT – Pelaksana Tugas Gubernur Kalimantan Tengah, Habib Ismail bin Yahya saat foto bersama usai meninjau proses pengemasan dan pengolahan komoditas jagung di PT Segar di Desa Tekasire, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Selasa 27 Oktober 2020.

Selanjutnya, Habib Ismail meninjau lokasi PT. Segar di Desa Tekasire, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu. Disana Dia dan rombongan melihat langsung proses pengolahan dan pengemasan jagung. Bahkan, Habib Ismail dan rombongan meninjau bendungan Mila di Desa Tanju, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu.

Sebelumnya diberitakan, Habib Ismail Bin Yahya tiba di Kabupaten Bima, Provinsi NTB, Minggu 25 Oktober 2020. Kedatangan Plt. Gubernur Kalteng dan rombongan di Bandara Sultan Salahuddin Bima disambut Pjs. Bupati Bima Muhammad Husni dan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat.

Selanjutnya pada hari kedua, Senin 26 Oktober 2020, Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya dan rombongan menghadiri acara silaturahmi bersama Pjs. Bupati Bima Muhammad Husni dan SOPD setempat di Kantor Bupati Bima. Dalam acara tersebut, Plt. Gubernur Kalteng mendengarkan paparan potensi pertanian dan peternakan di Kabupaten Bima yang disampaikan Pemerintah Kabupaten Bima.

BACA JUGA:   Sukseskan Food Estate, Plt Gubernur Kalteng Pelajari Sistem Pengembangan Pertanian di NTB

Selepas acara silaturahmi di Kantor Bupati Bima, Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya dan rombongan melihat langsung proses penggilingan komoditas kedelai yang dikelola UD Pemuda Kreatif Bima dan meninjau berbagai varietas jagung. Plt. Gubernur Kalteng juga berdialog dengan sejumlah anggota Kelompok Tani Ternak Mandiri di Desa Bolo serta meninjau kandang ternak sapi hasil inseminasi dan lahan bawang merah di Desa Risa.

Kunker atau studi banding ke NTB dimaksudkan untuk mendukung Program Food Estate di Kalteng, yakni di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau. Sebagai program lumbung pangan nasional, Food Estate diharapkan mampu menyediakan tambahan stok pangan nasional dan mengantisipasi dampak pandemi Covid-19. Program ini sendiri, meliputi komoditas tanaman pangan, perkebunan, hortikultura, dan peternakan.

Dalam kunjungan kerja kali ini, Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya didampingi oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP) Kalteng Sunarti, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aster Bonawati, serta Plt. Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Kalteng Said Salim. (Hardi/Han/beritasampit.co.id).