Aksi Damai Peringati Hari Sumpah Pemuda Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

IST/BERITA SAMPIT - Petugas kepolisian saat menyiapkan alat rapid test.

PALANGKA RAYA – Memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada hari ini, Rabu 28 Oktober 2020, Aliansi Isen Mulang menggelar aksi damai di Tugu Soekarno Jalan S Parman, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Menanggapi kegiatan itu, Polresta Palangka Raya bersama jajarannya dan Polda Kalteng mengerahkan personelnya guna mendampingi berlangsungnya penyampaian aspirasi para peserta aksi damai tersebut.

Kapolresta Palangka Raya, Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri, turun langsung memimpin pasukan yang tergabung dalam Kompi maupun Peleton pengendalian massa (dalmas).

BACA JUGA:   Genangi Sejumlah Pemukiman, Pemko Palangka Raya Tetapkan Tanggap Darurat Banjir

“Kami hadir disini sebagai pihak pendamping guna menjaga keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya aksi damai, silahkan untuk menyampaikan aspirasi saudara-saudari sekalian dengan tertib dan damai,” kata Jaladri.

Sebelum dimulainya kegiatan tersebut, para petugas maupun masa peserta aksi diperiksa kondisi kesehatannya terlebih dahulu oleh Satgas Covid-19 Kota Palangka Raya dengan menggelar rapid test, guna menghindari terjadinya risiko penularan Virus Corona.

BACA JUGA:   Pemprov Gelar Rakor Optimalisasi Penyelenggaraan Pemerintah di Daerah untuk Menyinkronkan Program

“Kegiatan pendampingan yang kami lakukan maupun aksi damai dari para peserta berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku di tengah Wabah Covid-19 saat ini, yakni menggunakan masker dan menjaga jarak fisik,” ungkap Jaladri.

Penyampaian aspirasi dari para pemuda-pemudi tersebut juga menampilkan aksi teater kesenian adat daerah Kalimantan Tengah dan berakhir sekitar pukul 12.17 WIB, yang mana berlangsung dengan damai, serta aman dan tertib. (Hardi/beritasampit.co.id).