Momen Pilkada GMNI Kalteng Harap Pemuda Bersatu Lawan Covid-19, Bukan Semangat Perpecahan

IST/BERITA SAMPIT - Sekretaris DPD GMNI Kalteng, Andrew Claudeo F Simamora (kanan) dan Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD GMNI Kalteng, Alifandinata.

PALANGKA RAYA – Hari ini, Rabu 28 Oktober 2020 merupakan hari yang bersejarah tercetusnya peristiwa sumpah pemuda di seluruh Indonesia yang merupakan tonggak pergerakan dari bangsa ini untuk mencapai kemerdekaan.

Semangat yang menggelora untuk wujudkan sebuah impian dan arah bangsa Indonesia ini, menyatu dalam sebuah ikrar kongres sumpah pemuda pada 27 sampai 28 Oktober 1928.

Pada momen sumpah pemuda yang ke 92 tahun dengan tema bersatu dan bangkit, hendaknya kita merefleksikan diri bagaimana peran pemuda masa sekarang dalam pembangunan bangsa ini.

Ditengah peralatan Pilkada serentak pada tahun 2020 ini diharapkan agar pemuda-pemudi tidak menjadi sebuah semangat dalam artian perpecahan, dikarenakan perbedaan akibat dalam perhelatan Pemilu saat ini, namun tetaplah menjadi pemuda pemudi yang bersatu sesuai dengan semangat sumpah pemuda pada momentum hari ini.

BACA JUGA:   Dewan Minta BPPRD Genjot PAD di Semua Sektor

Demikian disampaikan oleh Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kalimantan Tengah (Kalteng), Andrew Claudeo F Simamora. Iya mengungkapkan, bahwa moment sumpah pemuda kali ini bersama untuk menyikapi permasalahan yang terjadi saat ini, yaitu bersama melawan dari penyebaran Covid-19.

“Pemuda dari dulu selalu berperan penting dalam menghadapi tantangan dunia, khususnya tantangan dari bangsa sendiri dan tahun ini tantangannya adalah Covid. Jadi dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda, seharusnya pemuda merefleksikan diri untuk terlibat langsung dalam perang melawan covid,” tutur pemuda yang akrab disapa Bung Andrew ini melalui keterangan tertulis yang diterima.

BACA JUGA:   Kunjungan AHY Semangat Baru Tim Ben-Ujang

Disisi lain Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD GMNI Kalteng, Alifandinata menambahkan, peran pemuda saling bahu-membahu mendukung upaya pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menggunakan hansanitezer, dan jaga jarak aman demi memutus rantai penyebaran Covid-19.

Ia mengungkap, bahwa di masa-masa sekarang ini hendaklah menjadi pemuda-pemudi yang berguna bagi bangsa hari ini, menjadi refleksi diri bagaimana api semangat sumpah pemuda yang diikrarkan kala itu kembali dikobarkan dimasa ini. (Han/beritasampit.co.id).